Gerbang Tol Cikarang Utama Baru, Bakal Beroperasi 23 Mei

Perubahan gerbang tol ini dilakukan karena adanya pola perjalanan tol Jakarta-Cikampek yang sedemikian tinggi sehingga dilakukan upaya-upaya mengurangi hambatan pada jalan tol.
Krizia Putri Kinanti | 16 Mei 2019 18:43 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama - Antara

Bisnis.com, JAKARTA --  Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama yang direlokasi ke KM 70 Jalan Tol Jakarta - Cikampek (GT Cikampek Utama) bakal dibuka pada 23 Mei 2019 berbarengan dengan berlakunya perubahan tarif.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menuturkan masih akan ada pengerjaan pada hari Minggu (19/5) untuk tambahan pengerjaan persiapan puncak Lebaran, sehingga gerbang tol beserta tarifnya akan dibuka 23 Mei.

"Keseluruhan progresnya sudah 86 persen, artinya sebetulnya Minggu sudah siap beroperasi tapi karena menyesuaikan SK dilakukan pada tanggal 23 Mei pukul 00.00" tuturnya di Jakarta, Kamis (17/5/2019).

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa perubahan gerbang tol ini dilakukan karena adanya pola perjalanan tol Jakarta-Cikampek yang sedemikian tinggi sehingga dilakukan upaya-upaya mengurangi hambatan pada jalan tol.

"Manfaat yang Kita peroleh adalah berkurangnya frekuensi berhenti kendaraan," tuturnya.

Hal ini dilakukan karena sistem transaksi pembayaran pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek yang saat ini terdiri dari dua jenis transaksi, yaitu sistem transaksi terbuka pada ruas Jakarta - Cikarang Barat dan transaksi tertutup pada ruas Cikarang Barat - Cikampek yang dilakukan pada GT Cikarang Utama, sehingga menimbulkan antrean panjang di gerbang tol.

Bagi pengguna Jalan Tol cluster 1 (Jakarta - Cikampek, Cikampek - Palimanan, Cikampek - Purwakarta - Padalarang,  Padalarang - Cileunyi, Soreang - Pasir Koja) menuju ke arah Selatan (Bandung) maupun ke arah Timur (Palimanan) juga melakukan antrian saat transaksi pembayaran di GT Cikarang Utama.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gerbang tol

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup