Jalan Tol Pandaan-Malang Beroperasi, Presiden Jokowi Minta Gratis Sampai Lebaran

Presiden Jokowi mengungkapkan rencana untuk menggratiskan biaya saat mudik sudah dikonsultasikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 13 Mei 2019  |  13:37 WIB
Jalan Tol Pandaan-Malang Beroperasi, Presiden Jokowi Minta Gratis Sampai Lebaran
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) meresmikan jalan tol Pandaan-Malang ruas 1, 2, dan 3, di Malang, Senin (13/5/2019). - Setkab

Bisnis.com, MALANG — Presiden Joko Widodo memastikan jalan tol Pandaan-Malang Ruas 1, 2, dan 3 menggratiskan biaya saat mudik tahun ini.

Dalam sambutannya saat meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang Ruas 1, 2, dan 3, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana untuk menggratiskan biaya saat mudik sudah dikonsultasikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Tadi saya bisik-bisik dengan pemiliknya jalan tol, Bu Rini, Menteri BUMN, jangan sampai bayar dulu sampai lebaran. Gratisin dulu sampai lebaran," ujarnya di Malang, Senin (13/5/2019).

Menurutnya, keputusan tersebut sekaligus sebagai percobaan terhadap operasional jalan tol Pandaan-Malang ruas 1, 2, dan 3.

Hingga saat ini, pembangunan jalan tol Pandaan-Malang yang selesai hanya ruas 1, 2, dan 3. Untuk ruas 4 dan 5 sepanjang 7,9 km, Jokowi menargetkan penyelesaiannya pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa menyebutkan sebelum ada jalan tol Pandaan-Malang, wilayah Lawang dan Singosari merupakan titik rawan macet dan kecelakaan saat mudik.

"Kalau hari Sabtu dan Minggu nanti pada musim lebaran, ekornya itu kalau dari Surabaya itu dari Pandaan, Purwosari," tambahnya.

Dalam keadaan normal, Khofifah mengungkapkan jumlah kendaraan yang melintas antara Surabaya dan Malang sebanyak 65.000. Dari jumlah itu, sekitar 70% akan terurai dengan adanya Tol Pandaan-Malang ini.

Jalan tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun.  Adapun nilai konstruksi sebesar Rp3,7 triliun dikerjakan oleh PT.Pembangunan Perumahan (PP).

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata. Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, jalan tol, malang

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top