Destinasi Wisata di Jawa dan Sumatra Bakal Ramai Pemudik

Tujuan wisata di luar Jawa diperkirakan sepi karena harga tiket pesawat yang mahal.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 20 Mei 2019  |  14:48 WIB
Destinasi Wisata di Jawa dan Sumatra Bakal Ramai Pemudik
Suasana bibir kawah Gunung Bromo saat Upacara Yadnya Kasada di gunung tersebut, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (10/7). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA — Harga tiket yang mahal diperkirakan membuat destinasi wisata di Jawa dan wilayah bagian selatan Sumatra ramai dengan pemudik yang mencoba akses baru tol Trans Jawa dan Trans Sumatra pada sekitar libur Lebaran.

Ketua Umum Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) N. Rusmiati memperkirakan, pada libur Lebaran tahun ini, keramaian banyak terjadi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra karena tersambungnya ruas tol Trans Jawa dan beberapa ruas tol Trans Sumatera. 

"Karena tiket pesawat masih tinggi, keramaian baik hotel dan tempat wisata akan terjadi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Di Pulau Sumatra ramai yang dilintasi tol seperti Lampung dan Palembang. Kalau di luar itu sepi, karena orang mikir harga tiket sekarang," ucapnya. 

Menurutnya, maskapai perlu memberikan harga khusus pada libur Lebaran untuk meningkatkan animo masyarakat berwisata ke luar Pulau Jawa. 

Terpisah, Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari berpendapat adanya libur bersama saat Lebaran antara PNS dan pegawai swasta ini sangat bagus guna meningkatkan pemudik atau wisnus untuk memanfaatkan liburannya dan menikmati destinasi wisata di kampung halamannya.

Oleh karena itu,  pemerintah daerah harus bisa menangkap peluang ini dengan mengemas produk wisatanya dengan baik desa wisata dan lain sebagainya yang instagramable sehingga pemudik bisa mendapatkan pengalaman yang unik. 

"Infrastruktur harus dibenahi dengan baik terutama yang menuju ke destinasi pariwisata daerah," katanya.

Dia menilai pemda dan pemerintah pusat harus segera mempersiapkan untuk melaksanakan studi terutama terkait dengan berapa kontribusi pemudik untuk membelanjakan keperluannya di destinasi daerah tersebut.

"Selama ini tak ada data spending pemudik atau wisnus di destinasi wisata saat libur Lebaran maupun Natal dan Tahun baru," ucapnya.

Menurutnya, tren wisata pada libur Lebaran ini akan ramai pada destinasi yang berada di daerah Trans Jawa.

"Akan banyak masyarakat yang mencoba tol Trans Jawa sambil berwisata di sekitarnya. Kenaikan pengunjung di destinasi wisata Pulau Jawa terutama yang dilintasi tol sekitar 15% hingga 20%, dari yang biasanya hanya 5% hingga 10%," tutur Azril.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, destinasi wisata

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top