Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Aceh Gelar Festival Ramadhan 2019

Pemerintah Aceh bakal menggelar Festival Ramadhan 2019 untuk meramaikan Ramadan, sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai destinasi halal di Indonesia.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 30 April 2019  |  00:19 WIB
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Aceh Gelar Festival Ramadhan 2019
Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan salah satu ikon atau "landmark" Provinsi Aceh di Banda Aceh, Senin (8/4/2019). Masjid raya Baiturrahman yang berada di tengah kota Banda Aceh merupakan peninggalan kerajaan Aceh pada abad 15 M yang saat ini telah memiliki tujuh kubah dan menjadi pusat wisata religi. - ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Pesona Ramadan di Aceh bakal lebih berwarna karena provinsi ini akan meluncurkan serangkaian kegiatan selama bulan puasa.
 
Rangkaian tersebut terangkum dalam Festival Ramadhan 2019 yang menyuguhkan beragam kegiatan Islami yang menarik. Festival tersebut akan dilaksanakan pada 7-21 Mei 2019.
 
Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengukuhan Provinsi Aceh sebagai destinasi halal di Indonesia, sekaligus kesempatan untuk berbenah dan mempercantik diri dalam menyambut wisatawan. Kegiatan ini memiliki tagline "Wonderful Ramadhan in Aceh".
 
"Alhamdulilah, aura Ramadan 1440 H telah terasa. Insya Allah, kita akan sambut kedatangan Ramadan tahun ini dengan perasaan penuh suka cita dengan mengisi ragam aktivitas Islami sebagai ibadah,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis di situs Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (29/4/2019).
 
Festival Ramadhan 2019 menjadi salah satu event wisata Islami yang terangkum dalam Calendar of Event (COE) 2019, bersama sejumlah kegiatan lain yang akan menyemarakkan Ramadan.
 
Jamal menambahkan Festival Ramadhan 2019 diharapkan mampu membawa pengalaman baru bagi wisatawan Muslim selama berada di Aceh. Apalagi daerah yang berjuluk Serambi Mekkah itu sarat dengan budayanya yang Islami.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Rahmadhani menuturkan festival ini akan memiliki serangkaian acara dan kegiatan akan dipusatkan di Taman Budaya Banda Aceh. Kegiatan yang akan digelar antara lain bazaar dan acara kuliner.
 
“Berbagai jajananan berbuka puasa dijamin membuat wisatawan bakal happy. Selain itu juga ada pentas dan Lomba Seni Budaya Islami, Pameran Budaya Islami, Pemutaran Film Islami, Buka Puasa Bersama, Tausyiah, dan kegiatan pendukung menarik lainnya,” jelasnya. 
 
Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, menggelar salat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim, dan lelang baju artis nasional yang hasilnya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengungkapkan Festival Ramadhan 2019 menjadi peneguh Aceh sebagai destinasi halal unggulan Indonesia.
 
“Pastikan Aceh sebagai destinasi utama pada saat bulan suci Ramadhan. Alam dan budaya Aceh ini sangat eksotis. Nuansa Islami begitu terasa di daerah ini. Apalagi, akan ada banyak sekali event yang digelar  yang akan membuat Ramadhan semakin berwarna," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aceh, WISATA HALAL

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top