Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Instansi Bersinergi Jadikan Situ Bagendit Objek Wisata Kelas Dunia

Tidak hanya dari sejumlah kementerian, tetapi semua elemen lainnya termasuk masyarakatnya siap mendukung program pemerintah untuk membangun daerah.
Ilustrasi - Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau Situ Bagendit di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Ilustrasi - Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau Situ Bagendit di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019)./ANTARA-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, GARUT - Empat kementerian yakni Pariwisata, Keuangan, Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum menjalin sinergitas menjadikan objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebagai wisata kelas dunia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rencana program pembangunan daerah itu dibahas bersama saat kunjungan kerja tiga menteri yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya serta perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Objek wisata Situ Bagendit, Garut, Jumat (26/4/2019).

Menteri Keuangan mengatakan, kunjungannya ke Situ Bagendit bersama sejumlah kementerian, bahkan ada juga dari Badan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk kerja kolaborasi untuk membangun pariwisata di Jabar. "Ini kerja kolaborasi, membuat pariwisata di Jawa Barat ini sebagai pusat pariwisata internasional," kata Sri.

Dia mengatakan, tidak hanya dari sejumlah kementerian, tetapi semua elemen lainnya termasuk masyarakatnya siap mendukung program pemerintah tersebut untuk membangun daerah.

Dia menyebutkan, seperti dari Kementerian Perhubungan akan merevitalisasi jalur kereta api sehinga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. "Membangun potensi ekonomi, masyarakat bisa semakin sejahtera, bagaimana pemerintah berkolaborasi dan sinergi," katanya.

Pemerintah, kata dia, siap membangun daerah Garut, termasuk sektor pariwisata di Situ Bagendit, untuk itu masyarakat harus ikut berpartisipasi dengan menjaga dan merawatnya.

"Ikut bersama-sama merawat Situ Bagendit, kalau tidak merawat maka kita tidak akan bisa mendapatkan potensi surga itu di dunia ini," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sektor pariwisata di Garut akan bangkit setelah ada dukungan dari Menteri Keuangan, termasuk dari Menteri Perhubungan dengan adanya program reaktivasi Stasiun Cibatu-Garut, kemudian rencana ke depannya Garut-Cikajang.

Menurut dia, proyek strategis yang dibangun oleh sejumlah kementerian akan menjadikan Kabupaten Garut sebagai destinasi wisata tingkat internasional atau mendunia. "Proyek strategis pariwisata ini akan menjadikan Garut destinasi wisata kelas dunia," katanya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, kunjungan kerja menteri tersebut merupakan momentum langka, dan strategis kerjanya multi kementerian.

Dia mengatakan, upaya membangun Situ Bagendit tersebut telah dikucurkan anggaran dari Provinsi Jabar sebesar Rp30 miliar, dan rencana dari pemerintah pusat sebesar Rp100 miliar. "Nanti tahun 2020 bisa kelihatan secara signifikan, mudah-mudahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper