Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasok Ikan Tuna & Cakalang Perindo Ke Industri Meningkat

Tahun ini Perindo telah memasok hampir 160,5 ton ikan jenis tuna dan cakalang kepada industri pengolahan atau pengalengan sepanjang kuartal I/2019.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 24 April 2019  |  17:43 WIB
Ikan cakalang - Bisnis/Rachman
Ikan cakalang - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA- Perum Perikanan Indonesia (Perindo) mencatat peningkatan suplai ikan tuna dan cakalang untuk kebutuhan Industri Pengalengan Ikan, khususnya di wilayah Timur.

Kepala Unit Perum Perindo Makassar Indar Widjaya menyebutkan tahun ini, pihaknya telah memasok hampir 160,5 ton ikan jenis tuna dan cakalang kepada industri pengolahan atau pengalengan sepanjang kuartal I/2019.

Keadaan ini meningkat pesat dibandingkan dengan kemampuan perusahaan mensuplai ke industri pada periode yang sama tahun sebelumnya. “[Tahun lalu] sebulan paling 15 ton,” ujarnya kepada Bisnis.com,  Selasa (23/4/2019) malam.

Kendati mengalami peningkatan signifikan, Indar mengaku bahwa saat ini masih banyak permintaan dalam negeri yang belum bisa dipenuhi oleh perusahaan. Menurutnya, permintaan kebutuhan ikan oleh para pelaku industri yang diterima oleh pihaknya mencapai setidaknya 100 ton per bulan.

Dia mengakui, belum mampunya perusahaan untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut lantaran produksi ikan tuna dan cakalang yang belum maksimal saat ini.

Produksi ikan tersebut, menurutnya, baru akan kembali melimpah sekitar Juni nanti. Adapun jenis ikan yang mengalami stok berlimpah di laut sekitar Makassar saat ini adalah jenis ikan layang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perum perindo
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top