Gubernur Riau Minta Embarkasi Haji Antara Bisa Beroperasi Optimal

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, pihaknya kini terus memacu pemenuhan berbagai kebutuhan standar layanan agar embarkasi Haji Antara Riau bisa beroperasi dengan baik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 April 2019  |  20:16 WIB
Gubernur Riau Minta Embarkasi Haji Antara Bisa Beroperasi Optimal
Jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Surabaya berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (28/7). - ANTARA/Umarul Faruq

Bisnis.com, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, pihaknya kini terus memacu pemenuhan berbagai kebutuhan standar layanan agar embarkasi Haji Antara Riau bisa beroperasi dengan baik.

"Layanan embarkasi Haji Antara terus dibenahi dan dipenuhi mulai ruang kedatangan, ruang keberangkatan, akomodasi kamar, ruang kerja PPIH, akomodasi petugas PPIH, akan dipenuhi agar bisa memberikan kenyamanan pada CJH Riau," kata Syamsuar di Pekanbaru, Rabu (24/4/2019).

Menurutnya, sejumlah saran lainnya yang akan dipenuhi adalah musala, fasilitas manasik, gudang bagasi, lift, parkir dan koridor, masih perlu diperbaiki lagi.

Bahkan saat ini, kata Syamsuar menyebutkan pihaknya sedang mempersiapkan tender pesawat terbang, sembari menyiapkan antisipasi musim kemarau yang menurut info BMKG akan jatuh pada Juni hingga Agustus.

"Pemprov Riau bisa langsung melakukan persiapan lelang pesawat dan persiapan panitia penyelenggara haji daerah. Termasuk nanti dilakukan simulasi keberangkatan calon jemaah haji via bandara dan persoalan teknis lainnya," katanya.

Selain itu juga terkait bagian keamanan, kesehatan termasuk persiapan anggaran dari Provinsi sudah dipersiapkan secara maksimal. "Semoga kuasa Allah berkata lain nantinya, tidak ada kabut asap seperti yang diprediksi BMKG," katanya.

Persiapan lainnya yang dibutuhkan terutama pemerintah daerah yang harus mempersiapkan keberangkatan calon jemaah dari daerah ke Pekanbaru. Sebelumnya banyak calon jemaah haji kita yang menggunakan via laut naik kapal, tapi dengan embarkasi antara mereka harus lewat jalur darat ke Pekanbaru.

Syamsuar menambahkan, pihaknya akan menggelar Simulasi, dan geladi dari keberangkatan hingga pemulangan. Walaupun fasilitas tidak sama dengan di Batam tetap harus dipastikan fasilitas jemaah di Embarkasi haji Antara Riau tidak jauh berbeda dengan pelayanan yang ada di Batam, tambahnya.

"Kita harus siap seperti yang dilakukan di Batam selama ini," katanya.

Selain itu Syamsuar meminta pejabat berwenang dari Ditjen PHU Kemenag turut mengawal hingga keberangkatan jamaah nanti ke pesawat. "Ini kan contoh perdana, uji coba istilahnya dengan harapan embarkasi perdana ini bagus, dan tentu jamaah haji akan merasakan pelayanan prima dari kita," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji, embarkasi, pekanbaru

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup