Rasio Desa Berlistrik di Bengkulu Capai 100 Persen

Setelah seluruh desa di Bengkulu teraliri listrik, PLN akan berupaya meningkatkan aliran listrik hingga ke level dusun dan kampung.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 24 April 2019  |  15:59 WIB
Rasio Desa Berlistrik di Bengkulu Capai 100 Persen
/Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Rasio desa berlistrik di Bengkulu telah mencapai 100 persen pasca Desa Tanjung Aur, Maje, teraliri listrik.

Executive Vice President Distribusi Operasi Regional Sumatera PT PLN (Persero) Supriyadi menyampaikan bahwa pembangunan jaringan kelistrikan menuju Desa Tanjung Aur ini meliputi Pembangunan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 18,96 kilometer sirkuit, jaringan Tegangan Rendah sepanjang 4,73 kilometer sirkuit serta gardu distribusi sebanyak 4 unit gardu dengan investasi sebesar Rp8,25 miliar.

Menurutnya, setelah seluruh desa di Bengkulu teraliri listrik, PLN akan berupaya meningkatkan aliran listrik hingga ke level dusun dan kampung.

"PLN akan terus mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikkan di seluruh pelosok Tanah Air untuk mendorong kemajuan daerah dan roda perekonomian,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Rabu (24/4/2019).

Kepala Dinas ESDM Bengkulu Ahyan Endu mengatakan dengan selesainya infrastruktur listrik di seluruh desa, maka akan menjadi langkah penting untuk mendorong taraf hidup warga. Apalagi, masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur di Kabupaten Kaur ini, menandai telah tercapainya 100 persen Rasio Desa Berlistrik se-Bengkulu.

Dia mendorong PLN untuk segera mewujudkan jaringan transmisi 150kV dari Kota Bengkulu ke Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menopang kelistrikan hingga ke Kabupaten Kaur yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.

“Dengan selesainya infrastruktur listrik di seluruh desa maka akan menjadi langkah penting untuk mendorong taraf hidup warga guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi,” katanya.

Bupati Kaur Gusril Fauzi mengatakan dengan masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje ini, maka total sebanyak 192 desa di Kabupaten Kaur telah berlistrik. Kabupaten Kaur dinilai akan lebih berkembang lagi pasca teraliri listrik. Apalagi kabupaten tersebut memiliki potensi alam dan ekonomi yang mumpuni.

"Dengan begitu, seluruh desa di Kabupaten Kaur, kini telah dialiri listrik. Untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat yang telah mendapatkan fasilitas ini untuk menjaga aset kelistrikan yang ada, sehingga dapat terus berkesinambungan pasokan listriknya," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kelistrikan

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup