Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil: Nasib Bandara Kertajati di Tangan Maskapai

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui nasib Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati sangat ditentukan oleh maskapai penerbangan untuk membuka rute via BIJB.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 16 April 2019  |  16:17 WIB
Citilink di Bandara Kertajati - Istimewa
Citilink di Bandara Kertajati - Istimewa

Bisnis.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui nasib Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati sangat ditentukan oleh maskapai penerbangan untuk membuka rute via BIJB.

Ridwan Kamil mencontohkan wacana BIJB untuk  melayani penerbangan mudik. Menurut dia, peluang itu sangat terbuka, namun kembali kepada kesediaan maskapai menerbangakan pesawat dari sana.

“Wacana mudik atau mendarat [dan terbang] di Kertajati jadi pilihan, selama airlines-nya memadai,” ujarnya.

Menurut Ridwan Kamil, tawaran penerbangan mudik dari Kertajati bukan persoalan sederhana karena melibatkan banyak pihak khususnya maskapai. Dia sepakat dengan Wapres Jusuf Kalla yang meminta pihaknya tidak salah mengambil keputusan apapun terkait Bandara Kertajati.

“Dalam pandangan kami Kertajati kan tidak sesederhana kita mau, kalau airlines-nya bisa hari ini juga bisa, tuturnya.

Menurutnya selain mudik, peluang-peluang lain yang bisa memberdayakan Kertajati akan dipertimbangkan pihaknya. Namun pihaknya memandang seluruh peluang tersebut sangat bergantung pada akses ke bandara seluas 1800 hektar tersebut. “Di mana ada peluang akan kita kaji, tak hanya mudik Kertajati saja,” ujarnya.

PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) mengajukan kesiapan membuka layanan penerbangan mudik lebaran 2019 dari Bandara Kertajati, Majalengka kepada sejumlah maskapai penerbangan. 

Direktur BIJB Muhammad Singgih mengatakan kesiapan ini diawali dengan kembali rutinnya penerbangan Citilink dari Kertajati ke Surabaya tiga kali dalam sepekan mulai pekan depan. Selain itu mulai awal Mei penerbangan logistik pun sudah mulai dibuka.

“Kami sudah persiapkan gimmick-gimmick [untuk mudik] seperti tahun lalu,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (16/4/2019).

Pekan ini, lanjut Singgih,  BIJB sudah mulai mengajukan penawaran pada sejumlah maskapai untuk membuka layanan penerbangan mudik dengan menunjukan data-data pada mudik 2018 lalu.

Selain itu pihaknya juga menawarkan program Mudik Dibayarin untuk para pemudik yang terbang dari Kertajati. “Itu untuk promonya,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati bijb
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top