Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Gatot Subroto Way Kanan Lampung Resmi Dibuka untuk Sipil

Landasan Udara Gatot Subroto Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung yang semula merupakan pangkalan udara khusus militer milik TNI Angkatan Darat, hari ini (4/6/2019) resmi dibuka sebagai bandar udara sipil.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 06 April 2019  |  13:15 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Bisnis/Rinaldi M. Azka
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, WAY KANAN - Landasan Udara Gatot Subroto Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung yang semula merupakan pangkalan udara khusus militer milik TNI Angkatan Darat, hari ini (4/6/2019) resmi dibuka sebagai bandar udara sipil.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menuturkan penerbangan awal akan tersedia dua kali dalam seminggu setiap Selasa dan Kamis.

Dia mengapresiasi kepada pihak-pihak yang sudah membantu sehingga proses kesepakatan ini berjalan dengan cepat dan lancar.

"Sudah ditetapkan bahwa hari ini Citilink terbang dua kali dari Jakarta-Way Kanan-Palembang dan akan diikuti tiap hari selain Citilink ada Lion juga setuju juga tinggal menunggu, sehingga konektivitas di Way Kanan ini menjadi baik sekali," ungkapnya seusai meresmikan Bandara Way Kanan, Sabtu (6/4/2019).

Dia mengapresiasi angkatan darat yang sudah merelakan bandaranya untuk kepentingan penerbangan sipil.

"Dengan Gubernur dan Bupati Way Kanan karena ini memberikan satu gambaran, satu pemikiran out of the box bupati dan gubernur bisa memberikan pelayanan yang terbaik, baik untuk konektivitas maupun wisata," katanya.

Dia mengharapkan dengam dibukanya penerbangan komersil dapat memberikan kemajuan bagi masyarakat Way Kanan.

Saat ini panjang landasan pacu di Bandara Way Kanan sepanjang 2.100 Meter, rencananya pada 2020 mendatang akan diperpanjang menjadi 2.400 M supaya dapat menampung penerbangan pesawat jenis jet.

Penerbangan sipil pertama ini ditandai dengan pendaratan maskapai Citilink untuk pertama kalinya sekitar pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan terbang ke Palembang. Rute penerbangan Citilink tersebut yakni Jakarta-Way Kanan-Palembang.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menuturkan pembukaan penerbangan sipil tersebut merupakan kerja sama yang sama-sama menang.

"Ini bukan yang pertama, kami sudah punya kerja sama, dengan bandara yang kami miliki di Semarang, Ahmad Yani, kita sudah kerja samakan juga dengan Kemenhub, AP dan sekarang sudah berjalan. Kita punya fasilitas," katanya.

Peresmian dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, serta Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya tentang penggunaan bersama Pangkalan Udara TNI AD Gatot Subroto untuk Pangkalan Udara Militer dan Bandar Udara Sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara tni ad
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top