Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Siapkan Uji Kendaraan Listrik Fasilitasi Manufaktur Mobil Listrik

Kementerian Perhubungan siapkan uji kendaraan listrik bersama pihak kepolisian. Peralatan untuk uji kendaraan pun segera disiapkan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 April 2019  |  21:28 WIB
Ilustrasi 0 Populasi mobil listrik terus meningkat.  - Reuters
Ilustrasi 0 Populasi mobil listrik terus meningkat. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyiapkan uji kendaraan listrik bersama pihak kepolisian. Peralatan untuk uji kendaraan pun segera disiapkan.


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjabarkan bahwa kesiapan pihaknya dalam menghadapi hadirnya mobil listrik di Indonesia. 


“Kemarin sudah ada beberapa mobil listrik yang sudah siap diproduksi tetapi saat uji tipe masih belum sesuai dengan regulasi yang kami buat. Jadi, harus ada prauji sehingga apabila masih ada kekurangan masih bisa diperbaiki baru selanjutnya dilakukan uji tipe ketika mobilnya siap untuk produksi,” jelasnya, dalam keterangan pers, Jumat (5/3/2019).


Peraturan Presiden Republik Indonesia tentang kendaraan listrik dari segi rumusan sudah selesai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.


Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) sudah siap untuk melakukan uji tipe dan mempunyai kesempatan selama 2 tahun untuk menyelesaikan beberapa alat uji mobil listrik seperti pemeriksaan kerja baterai, dan noise atau suara kendaraannya.


“Untuk motor listrik kami sudah siap, tapi masih ada kesempatan selama 2 tahun untuk melengkapi alat ujinya karena ada beberapa alat uji untuk kendaraan Euro 4," katanya.


Namun, lanjutnya, kendaraan listrik tidak memerlukan uji kendaraan Euro 4 dan pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan serta mendorong agar industri kendaraan listrik ini bisa berkembang dengan baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik industri Kemenhub FASILITAS UJI KENDARAAN
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top