Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Farmasi : Bayer Indonesia Gelar Pendidikan Vokasi Mekatronik Standar Jerman

Tingginya permintaan dunia akan produk kesehatan membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Untuk mendukung hal itu, PT Bayer Indonesia menyelenggarakan pelatihan vokasi mekatronik, dengan standar Jerman.
Head of Innovation ini Asia Pacific  Environmental Science Bayer Crop Science  Jason Nash (dari kiri) didampingi  Country Head Indonesia Bayer Environmetal Science Yudi Clement memberikan penjelasan kepada Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, di sela-sela Bayer Vector Control Expert Meeting di Jakarta, Selasa (17/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Head of Innovation ini Asia Pacific Environmental Science Bayer Crop Science Jason Nash (dari kiri) didampingi Country Head Indonesia Bayer Environmetal Science Yudi Clement memberikan penjelasan kepada Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, di sela-sela Bayer Vector Control Expert Meeting di Jakarta, Selasa (17/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya permintaan dunia akan produk kesehatan membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Untuk mendukung hal itu, PT Bayer Indonesia menyelenggarakan pelatihan vokasi mekatronik, dengan standar Jerman.

“Tingginya permintaan dunia akan produk kesehatan membutuhkan SDM yang kompeten. Bayer mendukung agenda pemerintah dalam pengembangan SDM,” ujar Presiden Direktur PT Bayer Indonesia Angel Michael Evangelista, Rabu (27/3/2019).

Bayer menjadi lembaga tersertifikasi untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi mekatronika dengan standar Jerman di Indonesia, menyusul 14 karyawannya yang telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih pendidikan vokasi mekatronika dari Ekonid selaku lembaga sertifikasi resmi yang mewakili Kadin Jerman (DIHK).

“Sebanyak 15 siswa SMK mengikuti pelatihan mekatronika di pabrik Bayer di Cimanggis, Depok. Pelatihan ini berlangsung selama 3 tahun dengan komposisi 35% teori di sekolah dan 65% praktik kerja di pabrik Bayer,” ujarnya.

Status Bayer Indonesia sebagai penyelenggara resmi pelatihan vokasi mekatronik itu ditandai Penyerahan Sertifikat Pelatihan Vokasi Mekatronik dari German Indonesian Chamber of Commerce & Industry (Ekonid) untuk PT Bayer Indonesia dan Siswa SMK, Rabu (27/3/2019).

“Kami juga mengapresiasi kepada PT Bayer yang turut mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas kelas dunia melalui pelatihan vokasi mekatronik dengan siswa SMK. Apalagi, program ini mengikuti standar pelatihan vokasi Jerman dan diawasi oleh Kamar Dagang dan Industri Jerman,” tutur Menperin Airlangga Hartarto.

Indonesia merupakan satu-satunya pabrik Bayer di Asean. Sebagai bagian utama dari jaringan fasilitas manufaktur global Bayer, perusahaan Jerman ini memiliki beberapa pabrik di Indonesia, yakni di Cimanggis, Tangerang, dan Surabaya.

Di Cimanggis, pabrik Health Care Bayer mengekspor 80% produknya ke-32 negara, yang beberapa di antara memiliki regulasi farmasi yang paling ketat. Bayer Indonesia juga mengoperasikan pabrik agrokimia di Surabaya dengan 30% hasil produksinya diekspor ke-10 negara, dan di Tangerang dengan 35% dari total produksi diekspor ke empat negara.

Selama beberapa tahun terakhir, Bayer telah mengekspor berbagai produk kesehatan dari pabriknya yang berlokasi di Cimanggis, Depok dengan total nilai Rp3,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper