Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agen Perjalanan Perlu Perbanyak Paket Domestik

Untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara, para travel agent diharuskan meningkatkan penjualan bisnis inbound atau paket wisata Tanah Air ketimbang paket outbound.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 13 Maret 2019  |  19:17 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo, Jawa Timur, Rabu (26/4/2017). - Bisnis/Abdullah Azzam
Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo, Jawa Timur, Rabu (26/4/2017). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara, para travel agent diharuskan meningkatkan penjualan bisnis inbound atau paket wisata Tanah Air ketimbang paket outbound. 

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy mengatakan jumlah agen travel  di Indonesia yang sekitar kurang lebih 7.500 perusahaan. 

Dari banyaknya perusahaan biro perjalanan di Tanah Air itu, tidak semuanya aktif menjalankan bisnisnya.  "Di sini travel agent banyak tetapi tidak ada pemetaan berapa banyak operator inbound. Itu yang penting," ujarnya, Rabu (13/3). 

Di Thailand, jumlah travel agent hanya 780 perusahaan dan keseluruhannya terdaftad sebagai perusahaan aktif serta mampu menjaring wisman sebanyak 35 juta. 

Jepang yang hanya memiliki 920 perusahaan biro perjalanan mampu menarik banyak wisman ke negeri Sakura itu.  [Saat] event Asian Games di Palembang hanya ada sekitar 5 travel agent yang bergerak di wisata inbound," katanya. 

Menurutnya, banyaknya travel agen di Indonesia dan sebagian besar membidik pariwisata outbound membuat pencapaian target kunjungan wisman setiap tahunnya tak optimal. "Memang bisnis outbound ini lebih menggiurkan dan mereka bisnis agar dapur mereka tetap ngebul," ucapnya. 

Oleh karena itu, Pemerintah harus memetakan travel agent mana saja yang 100% bisnisnya berfokus pada pariwisata inbound dan biro mana saja yang bisnisnya lebih berfokus pada pariwisata outbound. "Dari situ bisa dioptimalkan kunjungan wisman dari agen travel inbound. Ini harus perbanyak travel agent menggarap inbound," tutur Didien. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata turis
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top