Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INSA: Platform Digital Logistik Yang Penting Interface

Kendati para penyedia logistik mengembangkan platform digital masing-masing, Indonesian National Shipowners Association (INSA) berpendapat integrasi tetap dapat dicapai sepanjang aplikasi digital itu antarmuka (interface).
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 10 Maret 2019  |  20:48 WIB
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional - JIBI
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Kendati para penyedia logistik mengembangkan platform digital masing-masing, Indonesian National Shipowners Association (INSA) berpendapat integrasi tetap dapat dicapai sepanjang aplikasi digital itu antarmuka (interface).

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan setiap platform yang dikembangkan oleh penyedia jasa memiliki tujuan masing-masing. Inaportnet misalnya, untuk pengumpulan data (data collecting) pemerintah. Beberapa terminal di pelabuhan juga membangun marketplace untuk memberikan informasi kepada pelanggan.

Demikian pula dengan aplikasi pengiriman kargo pelayaran domestik yang akan dikembangkan oleh INSA. "Jadi, kalau itu bisa interface, saya pikir enggak ada isu," kata Carmelita saat dihubungi, Minggu (10/3/2019).

INSA tengah membangun platform booking online bernama Indoship.net untuk mempermudah pelacakan kargo. Keunggulan aplikasi itu a.l. menerima reservasi dan memberi kepastian selama 24 jam 7 hari (24/7); transparan dalam harga, jadwal, dan layanan; pengguna jasa bisa mendapatkan semua informasi saat booking: dan layanan yang lebih cepat.

Carmelita mengatakan sejumlah perusahaan pelayaran anggota INSA sebenarnya sudah memiliki aplikasi booking sendiri-sendiri. INSA menyediakan kerangka untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi itu.

Menurut dia, sepanjang platform antarpenyedia jasa terhubung, maka integrasi bisa berjalan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asosiasi logistik
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top