Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berakhirnya Perang Dagang Disebut Kerek Harga Minyak Mentah Indonesia

Sinyalemen berakhirnya perang dagang Amerika Serikat dan China disebut-sebut sebagai faktor utama terdorongnya harga minyak mentah Indonesia atau ICP.
Perang dagang AS-China/istimewa
Perang dagang AS-China/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sinyalemen berakhirnya perang dagang Amerika Serikat dan China disebut-sebut sebagai faktor utama terdorongnya harga minyak mentah Indonesia atau ICP.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengatakan adanya sinyalemen positif yang menandai akan segera berakhirnya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China berimbas kepada harga ICP.

Pasalnya, ICP Februari 2019 mencapai US$61,31 per barel atau naik sebesar US$4,76 per barel dari USD 56,55 per barel pada Januari 2019.

"Secara umum, kenaikan ICP dilatarbelakangi oleh kenaikan harga minyak mentah dunia. ICP Februari 2019 dipengaruhi harga minyak Dated Brent, WTI [Nymex], Basket OPEC dan Brent [ICE] yang mengalami peningkatan dibandingkan Januari 2019," tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3/2019).

Faktor lain yang memengaruhi terkereknya ICP adalah tingkat kepatuhan yang tinggi negara-negara OPEC dan beberapa negara non-OPEC dalam mengimplementasikan pengurangan produksi minyak mentah.

Berdasarkan publikasi OPEC Februari 2019, pasokan minyak mentah global  Januari 2018 turun sebesar 1,03 juta bph dibandingkan dengan pasokan bulan sebelumnya menjadi sebesar 99,32 juta barel per hari (bph).

Sementara itu, pasokan minyak mentah OPEC di bulan Januari 2018 turun sebesar 797 ribu bph dibandingkan dengan pasokan bulan sebelumnya menjadi sebesar 30,806 juta bph.

Di samping itu, meningkatnya permintaan produk minyak mentah dari India dan berlanjutnya kebijakan stimulus ekonomi di China untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara tersebut juga penyebab peningkatan harga minyak mentah di pasar internasional.

Faktor-faktor di atas yang kemudian mengakibatkan ICP SLC Februari 2019 juga mencapai US462,42 per barel, naik sebesar sebesar US$4,96 per barel dari US$57,46 per barel pada Januari 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper