Kredivo : Pria Lebih Aktif Bertransaksi Online Dibanding Wanita

Riset yang dilakukan PT FinAccel Teknologi Indonesia (Kredivo) menemukan dari 50.000 pengguna fasilitas peer to peer (P2P) ternyata didominasi pria.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  16:06 WIB
Kredivo : Pria Lebih Aktif Bertransaksi Online Dibanding Wanita
Ilustrasi belanja online - Istimewa

Bisnis.com JAKARTA -- Peminjam layanan peer-to-peer (P2P) lending ternyata didominasi oleh pria. Hal inilah yang setidaknya ditemukan oleh PT FinAccel Teknologi Indonesia (Kredivo) sebagai salah satu penyelenggara.

Data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) menunjukkan temuan yang menarik.

Sekitar 57,6% pengguna layanan Kredivo adalah pria, sedangkan 42,4% pengguna merupakan wanita. Sementara itu, mayoritas pengguna cicilan adalah pria. 66,7% pengguna layanan cicilan adalah pria, sedangkan wanita hanya 33,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pria cenderung lebih aktif dalam bertransaksi online dibanding wanita.

“Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman. Kredivo membantu mereka dalam hal ini,” ujar Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (6/3).

Dari tiga fitur produk yang dimiliki Kredivo, sekitar 21% pengguna menggunakan layanan cicilan di e-commerce, sekitar 30% pengguna menggunakan layanan pinjaman tunai, dan hampir 85% pengguna menggunakan layanan bayar dalam 30 hari.

Mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fashion dan aksesorisnya dengan menggunakan Kredivo. Namun jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gadget dan aksesorisnya berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fashion, empat kali lipat untuk pria dan hampir dua kali lipat untuk wanita.

Temuan ini sejalan dengan studi yang dikutip dari Harvard Business Review, bahwa pria memang cenderung lebih berani mengambil risiko daripada wanita, baik dalam hal keuangan maupun hal lainnya. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fintech, kredivo

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top