Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koalisi Masyarakat Sipil Indonesia, India, Filipina, dan Malaysia Tolak RCEP

Koalisi Masyarakat Sipil Indonesia menuding, proses perundinga RCEP senantiasa berlangsung rahasia dan tidak transparan.
Petani memanen jagung di salah satu perkebunan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2018)./ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petani memanen jagung di salah satu perkebunan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2018)./ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Koalisi Masyarakat Sipil Indonesia untuk Keadlian Ekonomi bersama dengan kelompok masyarakat di India, Filipina, dan Malaysia menyuarakan penolakan atas perjanjian dagang dan ekonomi komprehensif, Regional Comprehensive Economic Patnership (RCEP).

Koalisi Masyarakat Sipil Indonesia untuk Keadilan Ekonomi, bersama dengan masyarakat sipil negara anggota RCEP lainnya yakni India, Filipina dan Malaysia mendesak pemerintah negara masing-masing untuk tidak menyepakati RCEP.

Salah satu perwakilan dari kelompok masyarakat Yayasan Manikaya Kauci, I Nyoman Mardika menuding, proses perundingan senantiasa berlangsung rahasia dan tidak transparan. Selain itu, menurutnya, tidak ada isi perjanjian yang dibuka ataupun informasi secara utuh bagi publik.

Padahal menurut dia, perjanjian ini akan berdampak bagi masyarakat luas di berbagai sektor kehidupan. Adapun secara substansi, banyak ketentuannya yang bermasalah.

Dia mengklalim salah satu yang intensif dirundingkan adalah upaya perlindungan yang lebih besar bagi investor asing dan abai akan perlindungan HAM warga yang merupakan tanggung jawab negara.

“Setidaknya 5 tahun penolakan secara meluas masyarakat Bali terhadap reklamasi Teluk Benoa adalah bentuk nyata perlawanan masyarakat atas proyek investasi yang menghancurkan ruang hidup dan budaya masyarakat di Bali” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, reklamasi di sejumlah titik pesisir di Indonesia jelas akan menggusur masyarakat pesisir dan nelayan, yang 90% di antaranya merupakan nelayan skala kecil.

Sementara itu, Henri Pratama perwakilan dari Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia menjelaskan bahwa persoalan mendasar dari sektor perikanan bukan tentang peningkatan investasi, tetapi terkait degan perlindungan terhadap perkerja perikanan, pemberdayaan terhadap nelayan kecil dan tradisional serta peningkatan kesejahteraan mereka.

“Fakta di lapangan menjelaskan bahwa investasi hanya merebut ruang hidup nelayan. Pembangunan pelabuhan menggeser akses nelayan ke laut, reklamasi menghilangkan wilayah tangkap nelayan,” jelasnya.

Penolakan juga muncul dalam pembahasan pada Bab Kekayaan Intelektual dalam RCEP. Dalam bab tersebut RCEP mewajibkan negara-negara anggota untuk bergabung dan menetapkan aturan nasional berdasarkan UPOV 1991.  

“Aturan itu merupakan platform perlindungan varietas tanaman di global yang membatasi bahkan menghilangkan hak petani untuk mengembangkan, menyimpan, dan bertukar benih-benih yang telah dipatenkan, ” ujar Kartini Samon, peneliti dari GRAIN.

Olisias Gultom, peneliti senior Indonesia for Global Justice menyebutkan, bab lain yang juga mengkhawatirkan mengenai e-commerce yang didorong akan segera difinalisasi.

Dia menegaskan bahwa pembahasan bab ini harus dihentikan. Pasalnya menurut dia, bab e-commerce tidak hanya terbatas pada perdagangan digital tapi juga mencakup semua aspek perekonomian dan terkait dengan sektor lain.

“Sementara bab e-commerce belum membahas mekanisme transaksi dan pembayaran produk digital yang akan merugikan negara-negara anggota RCEP dan hanya memberi keuntungan kepada korporasi,” tudingnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper