Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun

Industri industri makanan dan minuman di Indonesia berpeluang menjadi champion, karena banyak supply dan user.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  09:50 WIB
Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Presiden Direktur Mayora Group Andre Atmaja (kanan) meninjau proses pengemasan produk Mayora di sela acara Pelepasan Kontainer Ekspor ke 250.000 ke Filipina, di Bitung, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Industri industri makanan dan minuman di Indonesia berpotensi menjadi champion, karena banyak supply dan user. Selain itu, sektor ini terbukti jadi andalan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kementerian Perindustrian mencatat, sepanjang 2018 industri makanan dan minuman mampu tumbuh sebesar 7,91% atau melampaui pertumbuhan ekonomi nasional di angka 5,17%.

Bahkan, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di triwulan IV-2018 naik sebesar 3,90% (y-on-y) terhadap triwulan IV-2017, salah satunya disebabkan oleh meningkatnya produksi industri minuman yang mencapai 23,44%.

Industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Capaian kinerjanya selama ini tercatat konsisten terus positif, mulai dari perannya terhadap peningkatan produktivitas, investasi, ekspor hingga penyerapan tenaga kerja.

“Potensi industri makanan dan minuman di Indonesia bisa menjadi champion, karena supply dan user-nya banyak. Untuk itu, salah satu kunci daya saingnya di sektor ini adalah food innovation and security,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mendampingi Presiden Joko Widodo pada Pelepasan Kontainer Ekspor ke-250.000 Mayora Group di Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
industri makanan dan minuman

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top