Ini Dua Provinsi yang Dilayani KM Sabuk Nusantara 93

Kapal KM Sabuk Nusantara (Sanus) 93 segera beroperasi rutin sepekan sekali melayani masyarakat Kalimantan Selatan dengan rute pelayaran Kotabaru-Batulicin-Pulau Sembilan-Majene-Tanjung Silopo (PP).
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  20:59 WIB
Ini Dua Provinsi yang Dilayani KM Sabuk Nusantara 93
KM Sabuk Nusantara 55 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kapal KM Sabuk Nusantara (Sanus) 93 segera beroperasi rutin sepekan sekali melayani masyarakat Kalimantan Selatan dengan rute pelayaran Kotabaru-Batulicin-Pulau Sembilan-Majene-Tanjung Silopo (PP). 

KM Sanus 93 itu merupakan kapal pengganti KM Sabuk Nusantara 55 dan telah resmi diserahterimakan dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kepada PT Pelni (Persero) di Kotabaru.

 "KM Sanus 93 merupakan kapal baru pengganti kapal KM Sanus 55 yang telah ditarik kembali dari PT Pelni dan diserahkan kepada operator swasta untuk dioperasikan di Kupang, Nusa Tenggara Timur," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko dalam siaran pers, Senin (11/2/2019).
 
Dia menyebutkan kapal yang dibangun oleh galangan kapal PT Steadfast Marine Pontianak ini memiliki kapasitas lebih besar dari kapal sebelumnya dan mampu mengangkut penumpang sekitar 500 orang.
 
Wisnu berharap KM Sanus 93 meningkatkan konektivitas masyarakat di Kalimantan Selatan. "Selain unggul pada kapasitas, kapal ini juga memiliki fasilitas yang lebih baik dan lengkap sehingga diharapkan dapat memberikan kenyaman kepada penumpang," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kemenhub telah menyerahkan beberapa kapal untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di kepulauan, antara lain KM Sabuk Nusantara 94 di Biak, KM Sabuk Nusantara 68 di Teluk Bayur. 
 
Berikutnya, KM Sabuk Nusantara 69 akan diserahterimakan besok pagi di Bitung, serta beberapa kapal lain yang akan diserahkan ke Ambon, Saumlaki, dan Kupang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapal perintis

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top