REI: Pemda DKI Harus Kasih Contoh Soal Ramah Disabilitas

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mendorong para pengembang untuk menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta yang ramah disabilitas.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  20:53 WIB
REI: Pemda DKI Harus Kasih Contoh Soal Ramah Disabilitas
Deretan gedung perkantoran dan apartemen terlihat di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/4). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah provinsi DKI Jakarta mendorong para pengembang untuk menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta yang ramah disabilitas.

Sekjen DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan sudah banyak pengembang yang sadar untuk membangun fasilitas bagi penyandang disabilitas.

"Selama ini kami bantu sosialisasi juga, sebagian besar pengembang sudah tau dan sudah melakukan," kata Totok kepada Bisnis, Minggu (10/2/2019).

Totok mengatakan malah masih banyak fasilitas umum yang belum menyediakan sarana untuk penyandang disabilitas, misalnya taman di kota, kantor Pemda, bahkan di jalan-jalan.

Menurut dia, Pemda DKI Jakarta seharusnya terlebih dahulu memberikan contoh dala menyediakan fasilitas ramah disabilitas. Jika Pemda DKI Jakarta sudah membangun, maka para pengembang akan menyambut dengan sangat positif.

"Yang banyak tidak diterapkan itu justru di fasilitas umum yang disediakan oleh Pemda. Tempat-tempat seperti itu yang masih harus menyediakan fasilitas bagi penyandang disbilitas," jelas Totok

Lanjutnya, bukan hanya Jakarta, masih banyak kota-kota lain yang juga belum sadar dalam menyediakan fasilitas tersebut. Menurutnya, kesadaran harus dimulai dari Jakarta, kemudian kota lain akan mengikuti.

Totok mengatakan sampai saat ini belum ada sanksi bagi pengembang yang tidak membangun, namun jika tidak masyarakat sendiri akan menghindari lokasi tersebut karena masih belum ramah disabilitas.

"Pelan-pelan fasilitas ini pasti tersedia tapi memang butuh percepatan," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penyandang disabilitas

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top