Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Periksa Laporan Keuangan Polri, Ini Harapan BPK

BPK berharap proses pemeriksaan laporan keuangan Polri berjalan lancar.
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)./Antara
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) berharap proses pemeriksaan laporan keuangan Polri berjalan lancar.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota I BPK Agung Firman Sampurna saat entry meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Kepolisian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018 yang berlangsung di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Agung mengatakan pemeriksaan yang akan dilakukan BPK adalah pemeriksaan atas laporan keuangan. Pemeriksaan ini secara rutin dilakukan setiap tahun dan bertujuan untuk memberikan opini.

Opini adalah pendapat profesional pemeriksa atas kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

"Kriteria atas pemberian opini tersebut adalah kesesuaian penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi pemerintah, pengungkapan yang memadai, efektivitas Sistem Pengendalian Intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan," kata Agung dikutip dalam laman resmi BPK, Kamis (7/2/2019).

Adapun sasaran pemeriksaan yang akan dilakukan adalah pengujian dan penilaian atas efektivitas Sistem Pengedalian Intern atas transaksi dan penyajian saldo akun, pengujian subtantif atas transaksi saldo akun, tindak lanjut hasil pemeriksaan sebelumnya dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Kepolisian Republik Indonesia menggunakan pendekatan pemeriksaan berbasis resiko (risk based audit).

Dengan pendekatan itu maka BPK menetapkan sampel pemeriksaan baik untuk obyeknya maupun lokasinya.

Berdasarkan pendekatan tersebut pemeriksa akan melakukan penilaian dan pengujian secara mendalam pada transaksi yang beresiko tinggi, seperti transaksi belanja barang dan jasa serta belanja modal.

“Saya berharap dalam pelaksanaan pemeriksaan dapat terjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik khususnya dalam penyampaian dokumen-dokumen pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dibutuhkan, sehingga pada gilirannya pemeriksaan laporan keuangan pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar” tegas Anggota I BPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper