Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rute dari Husein Sastranegara ke Kertajati Dialihkan Bertahap

Kemenhub menyatakan rute dari Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, dialihkan secara bertahap.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara-M. Agung Rajasa
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara-M. Agung Rajasa

Bisnis.com, MAJALENGKA – Kementerian Perhubungan menyatakan rute dari Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, dialihkan secara bertahap.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti, keputusan maskapai untuk memindahkan rute harus didahului dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai.

"Tergantung kesiapan. Airline pindah ke sini harus ada kesiapan infrastruktur juga, seperti bengkel, katering. Tergantung pada Angkasa Pura-nya dan juga tol [Cisumdawu] untuk akses," ungkapnya.

Polana mengemukakan hal tersebut di sela-sela kegiatannya mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi menghadiri acara Ngapung Bareng Ti Kertajati (Terbang Bersama dari Kertajati) di Bandara Kertajati pada Rabu (9/1/2019).

Dalam kesempatan itu, sebagaimana juga dikemukakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir di acara tersebut, Polana menjelaskan bahwa penerbangan haji dapat dilakukan melalui Bandara Kertajati mulai tahun ini sejalan dengan penyelesaian perpanjangan landasan pacu. 

Polana memerinci penambahan panjang runway dari 2.500 meter menjadi 3.000 m akan selesai dalam paruh pertama tahun ini. 

Dengan begitu, bandara terbesar kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu dapat digunakan untuk memberangkatkan haji menggunakan pesawat berlorong ganda (twin aisle), seperti Boeing 777 dan Airbus 380. 

Namun, tutur Polana, penetapan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji merupakan keputusan Kementerian Agama. "Kami hanya penyedia prasarana dan sarana bandar udara. Yang menetapkan ini sebagai embarkasi haji itu Kementerian Agama. Bandaranya siap."

Bandara yang diproyeksikan menjadi pengganti Bandara Husein Sastranegara Bandung itu telah melayani rute internasional Kertajati-Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober 2018. Lion Air menjadi maskapai operator penerbangan itu menggunakan pesawat Boeing 737 MAX 8. 

Soal rute internasional lainnya, Polana menyebutkan sejauh ini belum ada pengajuan. Kemenhub, tutur dia, membuka kesempatan bagi maskapai yang ingin membuka rute internasional, setidaknya Kertajati-Kuala Lumpur.

Sementara itu, untuk rute domestik, Lion Air Group membuka rute baru dari Kertajati dengan tujuan Balikpapan (Lion Air), Yogyakarta (Wings Air), dan Halim Perdanakusuma Jakarta (Wings Air).

Rute Kertajati-Balikpapan dan Kertajati-Yogyakarta beroperasi mulai 11 Januari, sedangkan Kertajati-Halim Perdanakusuma mulai 12 Januari.

Sejauh ini, rute domestik yang sudah ada meliputi Kertajati-Surabaya (Citilink), Kertajati-Kualanamu (Citilink), Kertajati-Bandar Lampung (Trans Nusa), Kertajati-Semarang (Trans Nusa), Kertajati-Lampung-Palembang (Garuda Indonesia), dan Kertajati-Balikpapan-Tarakan (Garuda Indonesia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper