Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rute dari Husein Sastranegara ke Kertajati Dialihkan Bertahap

Kemenhub menyatakan rute dari Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, dialihkan secara bertahap.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  01:14 WIB
Rute dari Husein Sastranegara ke Kertajati Dialihkan Bertahap
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara/M. Agung Rajasa
Bagikan

Bisnis.com, MAJALENGKA – Kementerian Perhubungan menyatakan rute dari Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, dialihkan secara bertahap.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti, keputusan maskapai untuk memindahkan rute harus didahului dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai.

"Tergantung kesiapan. Airline pindah ke sini harus ada kesiapan infrastruktur juga, seperti bengkel, katering. Tergantung pada Angkasa Pura-nya dan juga tol [Cisumdawu] untuk akses," ungkapnya.

Polana mengemukakan hal tersebut di sela-sela kegiatannya mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi menghadiri acara Ngapung Bareng Ti Kertajati (Terbang Bersama dari Kertajati) di Bandara Kertajati pada Rabu (9/1/2019).

Dalam kesempatan itu, sebagaimana juga dikemukakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir di acara tersebut, Polana menjelaskan bahwa penerbangan haji dapat dilakukan melalui Bandara Kertajati mulai tahun ini sejalan dengan penyelesaian perpanjangan landasan pacu. 

Polana memerinci penambahan panjang runway dari 2.500 meter menjadi 3.000 m akan selesai dalam paruh pertama tahun ini. 

Dengan begitu, bandara terbesar kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu dapat digunakan untuk memberangkatkan haji menggunakan pesawat berlorong ganda (twin aisle), seperti Boeing 777 dan Airbus 380. 

Namun, tutur Polana, penetapan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji merupakan keputusan Kementerian Agama. "Kami hanya penyedia prasarana dan sarana bandar udara. Yang menetapkan ini sebagai embarkasi haji itu Kementerian Agama. Bandaranya siap."

Bandara yang diproyeksikan menjadi pengganti Bandara Husein Sastranegara Bandung itu telah melayani rute internasional Kertajati-Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober 2018. Lion Air menjadi maskapai operator penerbangan itu menggunakan pesawat Boeing 737 MAX 8. 

Soal rute internasional lainnya, Polana menyebutkan sejauh ini belum ada pengajuan. Kemenhub, tutur dia, membuka kesempatan bagi maskapai yang ingin membuka rute internasional, setidaknya Kertajati-Kuala Lumpur.

Sementara itu, untuk rute domestik, Lion Air Group membuka rute baru dari Kertajati dengan tujuan Balikpapan (Lion Air), Yogyakarta (Wings Air), dan Halim Perdanakusuma Jakarta (Wings Air).

Rute Kertajati-Balikpapan dan Kertajati-Yogyakarta beroperasi mulai 11 Januari, sedangkan Kertajati-Halim Perdanakusuma mulai 12 Januari.

Sejauh ini, rute domestik yang sudah ada meliputi Kertajati-Surabaya (Citilink), Kertajati-Kualanamu (Citilink), Kertajati-Bandar Lampung (Trans Nusa), Kertajati-Semarang (Trans Nusa), Kertajati-Lampung-Palembang (Garuda Indonesia), dan Kertajati-Balikpapan-Tarakan (Garuda Indonesia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top