Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Daerah Ini Paling Tinggi Akses Kata Kunci Harbolnas di Internet

Perayaan Hari Belanja Online Nasional menjadi momen yang dimanfaatkan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang memperoleh barang kesukaan dengan harga "miring".
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Perayaan Hari Belanja Online Nasional menjadi momen yang dimanfaatkan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang memperoleh barang kesukaan dengan harga "miring".

Dari fenomena tersebut, Banten merupakan daerah dengan volume penelusuran tertinggi dibandingkan dengan daerah lain.

CupoNation mencatat, terdapat lima wilayah dengan volume penelusuran kata kunci Harbolnas di mesin pencarian Google selama dua tahun terakhir.

Lima daerah tersebut yaitu Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Penelitian dilakukan pada 1 Januari 2016 hingga 31 Desember 2017.

Olivia Adinda Putri, PR & Comunications Manager CupoNation mengatakan, mayoritas wilayah di Indonesia dengan penelusuran kata kuni Harbolnas terbanyak berasal dari Pulau Jawa.

Beda halnya dengan Black Friday bulan lalu yang menunjukkan mayoritas pengakses dari wilayah lain seperti Papua Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Banten dan Sulawesi Utara.

Terkait situs e-commerce Indonesia yang paling banyak telusuri di google selama Harbolnas, CupoNation menganalisa volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Harbolnas.

“Dari studi ini ditemukan 5 situs e-commerce yang memiliki volume penelusuran tertinggi pada saat Harbolnas. Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora,” katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya, terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Menjelang Harbolnas yang diperingati setiap 12 Desember, sejumlah e-commerce mulai menerapkan strategi untuk menggaet pembeli.

Dari sejumlah e-commerce, Tokopedia paling cepat mengeluarkan program akhir tahunnya yaitu Kebut yang berlangsung pada 5 hingga 7 Desember.

Platform lain seperti Lazada baru memulai programnya pada 10 Desember 2018. Dari seluruh e-commerce, tanggal 12 tetap menjadi hari puncak untuk Harbolnas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper