Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Peredaran Narkoba, Angkasa Pura II Teken Nota Kesepahaman dengan BNN

PT Angkasa Pura II dan Badan Narkotika Nasional (BNN) meneken nota kesepahaman tentang pemberantasan narkoba di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II dan Badan Narkotika Nasional (BNN) meneken nota kesepahaman tentang pemberantasan narkoba di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

Angkasa Pura (AP) II mengelola bandara besar di Indonesia bagian barat seperti Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Kuala Namu Medan dan Bandara Minangkabau Padang.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyatakan nota kesepahaman itu berisikan sejumlah poin penting di antaranya penyebarluasan informasi tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, pelaksanaan tes atau uji narkotika, deteksi dini, dan penggunaan sistem informasi bersama. Nota kesepahaman itu juga soal pengawasan tentang lalu lintas orang dan barang yang dicurigai hingga pertukaran data dan informasi terkait upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika.

"Perkembangan ancaman narkoba yang semakin meningkat menjadi salah satu concern kami, sejalan dengan semangat dan komitmen korporasi dalam memberantas narkoba, Angkasa Pura II menjalin kerjasama dengan BNN untuk memaksimalkan pelayanan,"katanya dalam siaran pers, Kamis (8/11/2018).

 Pada 2017, AP II melayani sekitar 105 juta penumpang di 15 bandara  yang dikelola perseroan. Dia menjamin selalu mengedepankan konsep 3S+1C dalam mengelola bandara-bandara kami yaitu Safety, Security, Service dan juga Compliance. "Dengan masifnya pergerakan penumpang di seluruh bandara, kami selalu waspada dan berupaya melakukan pencegahan dan peredaran narkotika diwilayah-wilayah kerja AP II dimana pada tahun 2017 ada temuan sekitar 52 kasus upaya penyelundupan dibandara kami," jelas Awaluddin.

Kepala BNN Heru Winarko menjelaskan penyebaran narkotika dan obat-obatan (narkoba) di Indonesia sudah sampai pada titik yang memprihatinkan yang hingga 2017 terdapat 45.070 tersangka pengedar narkoba.

Menurutnya, perlu peran seluruh elemen bangsa dalam penanganan narkoba. Salah satu strateginya adalah dengan membangun teamwork penanganan kejahatan narkoba yakni dengan kerja sama dengan institusi lain. "Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNN dan Angkasa Pura II, merupakan salah satu upaya dalam pencapaian hal tersebut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper