Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Data Pribadi Penumpang Bocor, Otoritas Hong Kong Periksa Cathay Pacific

Cathay Pacific Airways menghadapi penyelidikan dari otoritas Hong Kong terkait bocornya data atas jutaan penumpang maskapai tersebut.
Cathay Pacific./Wikipedia
Cathay Pacific./Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Cathay Pacific Airways menghadapi penyelidikan dari otoritas Hong Kong terkait bocornya data jutaan penumpang maskapai tersebut. Perusahaan ini memiliki sekitar 9,4 juta penumpang.

Komisioner Kerahasiaan Data Pribadi Hong Kong Stephen Wong mengatakan ada alasan kuat untuk meyakini bahwa maskapai itu melakukan pelanggaran hukum.

“Investigasi kepatuhan akan melakukan pemeriksaan dengan detail, termasuk langkah keamanan yang diambil Cathay Pacific untuk melindungi data pribadi konsumennya dan praktik serta  kebijakan data maskapai,” paparnya seperti dilansir Reuters, Selasa (6/11/2018).

Wong  menyebutkan pihaknya telah menerima 89 aduan terkait kebocoran data ini. Para peretas diketahui mengakses 403 nomor kartu kredit yang sudah kedaluwarsa dan 27 nomor kartu kredit tanpa Card Verification Value (CVV).

Selain itu, ada 860.000 nomor paspor dan sekitar 245.000 nomor kartu identitas Hong Kong yang diakses tanpa izin oleh para peretas.

Cathay Pacific mengendus adanya aktivitas mencurigakan terhadap data-data perusahaan di jaringan mereka pada Maret 2018. Namun, perusahaan asal Hong Kong itu baru mengungkapkan adanya kebocoran data pada bulan lalu.

Penyelidikan tidak hanya dilakukan terhadap Cathay Pacific, tapi juga kepada anak-anak usahanya yakni Dragon Air.

Terkait hal ini, Cathay Pacific menyatakan akan bekerja sama dengan otoritas berwajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper