Pelindo IV Lakukan Pemanduan Perdana di Pelabuhan Tolitoli

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Tolitoli melakukan pemanduan perdana untuk olah gerak keselamatan pelayaran kapal yang akan sandar dan keluar dari dan ke Pelabuhan Tolitoli, Sulawesi Tengah.
Sri Mas Sari | 05 November 2018 22:36 WIB
Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Tolitoli melakukan pemanduan perdana untuk olah gerak keselamatan pelayaran kapal yang akan sandar dan keluar dari dan ke Pelabuhan Tolitoli, Sulawesi Tengah.
 
Pemanduan perdana dilakukan terhadap KM Bukit Siguntang milik PT Pelni (Persero) pada 2 November pukul 05.00 WITA. Pemanduan dilakukan atas kesepakatan antara Kantor Kesyahbandaran dan Operator Pelabuhan (KSOP) Tolitoli dan Pelindo IV pada 19 September.
 
General Manager PT Pelindo IV Cabang Tolitoli Sugiarto mengatakan pemanduan perdana dilakukan untuk memenuhi aspek Keselamatan Pelayaran yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 57/2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal.
 
“Kami Badan Usaha Pelabuhan sebagai pelaksana dan pengelola pemanduan diminta dapat memberikan pelayanan pemanduan dan kepelabuhanan yang optimal dengan memperhatikan faktor keselamatan serta memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," katanya dalam siaran pers, Senin (5/11/2018).
 
Persyaratan itu, a.l. menyediakan pandu, menyediakan sarana bantu dan prasarana pemanduan kapal yang memenuhi persyaratan, serta memberikan pelayanan jasa pemanduan sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditetapkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kampanye keselamatan pelayaran

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top