PROYEK HULU MIGAS, Fasilitas Produksi Minyak PetroChina Segera Beroperasi

SKK Migas masih menunggu kesiapan pembeli gas dari proyek fasilitas produksi migas SWB/WB/SB yang digarap oleh PetroChina Intl. Jabung Ltd.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 31 Oktober 2018 15:23 WIB
Ilustrasi kilang lepas pantai. - Bloomberg/Tim Rue

Bisnis.com, JAKARTA -  SKK Migas masih menunggu kesiapan pembeli gas dari proyek fasilitas produksi migas SWB/WB/SB yang digarap oleh PetroChina Intl. Jabung Ltd.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan, konstruksi proyek fasilitas produksi migas tersebut sudah dimulai. Namun, PetroChina masih menunggu kesiapan pembeli gas. "Baru nanti kalau fasilitas pembeli sudah siap akan dikirim gasnya."

Proyek tersebut akan menghasilkan gas 12 MMscfd dan kapasitas fasilitas produksi sebanyak 14,5 MMscfd.

Wisnu menuturkan, proyek tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal I/2019.

Proyek hulu migas SWB/WB/SB yang digarap oleh PetroChina Intl. Jabung Ltd ini merupakan salah satu dari 13 proyek hulu migas yang ditargetkan beroperasi pada 2019.

INVESTASI

Sementara itu, Kementerian ESDM mengatakan investasi hulu migas diprediksi kembali meningkat pada tahun depan.

Djoko Siswanto mengatakan, peningkatan investasi pada tahun depan karena banyak  proyek hulu migas yang sudah mulai beroperasi pada pada 2019.

"Karena sekarang kan baru mulai tender-tender, banyak yang beroperasi pada 2019 karena investasi hulu migas itu tinggi pada saat pembangunan fasilitas produksi," katanya.

Djoko menuturkan, ada dua proyek migas, yaitu Jambaran Tiung Biru, Blok Cepu dan Lapangan Merakes. "Dua harapan kita yang baru mulai pembangunan tahun depan itu Jambaran Tiung Biru kemudian Merakes. Itu akan menaikkan investasi." (Dewi A. Zuhriyah)

Tag : blok migas
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top