Delegasi Pertemuan IMF-Bank Dunia Lewat Jalur Khusus Tol Bebas Transaksi

Pengelola Tol Bali Mandara menyiapkan dua lajur khusus di tiga gerbang untuk mempermudah dan memperlancar lalu lintas bagi delegasi pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali.
Eka Wiratmini | 06 Oktober 2018 08:49 WIB
Petugas keamanan adat Bali atau Pecalang berpatroli di jalan tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Selasa (28/3). - Antara/Panji Anggoro

Bisnis.com, DENPASAR -Jasamarga Bali Tol (JBT) menyediakan dua lajur khusus dan bebas transaksi di setiap gerbang untuk rombongan VVIP, delegasi, dan panitia selama gelaran AM IMF-WB 2018. 

Selebihnya, Jalan Tol Bali Mandara beroperasi seperti biasa untuk umum dengan transaksi normal.

Corporate Secretary JBT Drajad Hari Suseno mengatakan kebijakan tidak memberlakukan transaksi di gardu tol untuk delegasi dan panitia AM IMF-WB 2018 dinilai juga telah mendapat dukungan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Dukungan tersebut dinyatakan melalui surat, Nomor: KU.09.01-Mn/1464, pada 4 Oktober 2018, perihal Dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jalan Tol pada Penyelenggaraan Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG).

JBT juga meminta dukungan kepada masyarakat luas untuk turut menyukseskan acara AM 2018 ini dengan memberi jalan atau mendahulukan rombongan. 

"Kepada masyarakat luas, jika tidak ada keperluan mendesak diimbau untuk tidak berkendaraan ke area yang berdekatan dengan lokasi acara," katanya seperti dikutip dalam rilis, Sabtu (6/10/2018).

JBT juga sudah secara intensif melakukan koordinasi dengan Polda Bali dan Dinas Perhubungan Bali untuk menjaga kelancaran di jalan tol selama AM IMF-WBG berlangsung. 

Adapun, pihaknya juga menyiapkan Satgas khusus untuk memperlancar transaksi di Gerbang Tol, khususnya bagi Panitia dan Delegasi IMF dan World Bank Annual Meeting 2018. JBT juga menyediakan Mobile Reader sebagai sarana untuk mempercepat transaksi dan mengurangi antrian di Gerbang Tol

"Untuk layanan lalu lintas, kami juga melakukan peremajaan Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan," katanya.

Selain itu, JBT juga menyiapkan sarana layanan lalu lintas yang siaga 24 jam seperti kendaraan Patroli Lajur Mobil, 1 Unit kendaraan Patroli Lajur Motor, 1 Unit Ambulance lengkap dengan Petugas Paramedis, 1 Unit Kendaraan dan Peralatan Rescue, 2 Unit Derek (Besar dan Sedang), 1 Unit Derek Khusus Lajur Motor, dan 2 Unit Kendaraan Polisi Jalan Raya (PJR) Jalan Tol.

Tol Bali Mandara akan menjadi salah satu alternatif jalan utama khususnya dari arah Bandara Ngurah Rai menuju kawasan Nusa Dua dan Denpasar, begitu juga sebaliknya.

Kendaraan yang melintas diperkirakan akan melonjak sebelum dan setelah pertemuan IMF dan Bank Dunia itu di jalan sepanjang sekitar 13 km yang menghubungkan tiga gerbang yakni Benoa, Ngurah Rai dan Nusa Dua.

Sumber : Antara

Tag : annual meetings IMF-World Bank
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top