Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BGR Ubah Konsep Pembangunan Cold Storage di Kelapa Gading

Perusahaan penyedia jasa logistik pelat merah PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) tampaknya akan mengubah konsep perencanaan awal dari pembangunan gudang berpendingin atau cold storage yaitu dengan penambahan berbagai fasilitas lain guna memanfaatkan lahan yang luas.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 01 Oktober 2018  |  18:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia jasa logistik pelat merah PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) tampaknya akan mengubah konsep perencanaan awal dari pembangunan gudang berpendingin atau cold storage yaitu dengan penambahan berbagai fasilitas lain guna memanfaatkan lahan yang luas.

Direktur Keuangan, SDM dan Umum BGR Mohammad Affan mengabarkan perkembangan terakhir terkait rencana proyek cold storage di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Perkembangan terakhir untuk aset yang di komplek pergudangan Kelapa Gading akan disesuaikan dengan rencana terbaru, yaitu pengembangan bukan hanya gudang, tetapi ada yang lain," katanya, Senin (1/10/2018).

Affan menjelaskan pihaknya tidak hanya akan membangun cold storage sesuai rencana awal melainkan juga mengembangkan bisnis lain yang masuk dalam kawasan terpadu di lahan milik BUMN itu. Untuk diketahui, BGR memiliki aset tanah seluas 977.752 m2 dan bangunan gudang seluas 206.691 m2.

"Tetapi ada mal, hotel, office, works and play dan modern warehouse yang didalamnya sudah ada cold storage," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya tengah melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS) mengingat ruang lahan yang ada masih sangat mungkin untuk dikembangkan dengan yang lebih besar. Rencananya, proyek bisa dimulai awal 2019. Dia juga belum memastika nilai investasi yang dibutuhkan.

Adapun rencana cold storage nantinya akan diperuntukkan untuk komoditas daging dan buah serta tidak menutup kemungkinan untuk jenis barang lain yang memerlukan gudang pendingin.

Supply Chain Indonesia mencatat kebutuhan cold storage di Indonesia diperkirakan meningkat dari 1,32 juta ton pada 2015 menjadi 1,7 juta ton pada 2017. Dari jumlah tersebut, kapasitas yang tersedia sekitar 200 ribu ton, sehingga dibutuhkan penambahan sekitar 1,5 juta ton.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cold storage
Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top