Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PMA Melambat, Properti Masuk 5 Besar Investasi

Badan Koordinasi Penanaman Modal merilis adanya perlambatan pertumbuhan investasi asing untuk sejumlah sektor pada kuartal II/2018, tetapi properti masih masuk lima besar penyumbang kenaikan atas realisasi investasi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 14 Agustus 2018  |  16:00 WIB
PMA Melambat, Properti Masuk 5 Besar Investasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal merilis adanya perlambatan pertumbuhan investasi asing untuk sejumlah sektor pada kuartal II/2018, tetapi properti masih masuk lima besar penyumbang kenaikan atas realisasi investasi.

Menurut rilis dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Penanaman Modal Asing (PMA) atau Foreign Direct Investment (FDI) anjlok 12,9% dibandingkan periode yang sama pada 2017 lalu. Sementara itu Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) kuartal II/2018 ini mencapai 32,1%. Pasalnya, kedua angka ini membuat kenaikan investasi pada triwulan II/2018 hanya mencapai 3,1%.

Berdasarkan data dari BKPM, lima besar realisasi investasi kuartal II/2018 adalah sektor pertambangan sebesar Rp28,2 triliun naik 16%, sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi Rp25,6 triliun atau naik 14,6%, sektor listrik, gas, dan air sejumlah Rp 20,8 triliun naik 11,8%, sektor industri makanan sebesar Rp17,2 triliun atau 9,8%, dan perumahan, kawasan industri, dan perkantoran merealisasikan Rp15,8 triliun atau 8,9%.

Sekretaris Jenderal Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lucida mengatakan realisasi investasi properti berbanding lurus dengan kondisi bisnis properti pada suatu negara. Menurut Paulus, secara keseluruhan bisnis properti di Indonesia tidak buruk, hanya saja para investor membutuhkan adaptasi dengan penerapan online single submission (OSS).

“Karena ada OSS ini, investor baru menyesuaikan. Jadi administrasi tanam investasi baru lancar bulan ini,” ujar Paulus kepada Bisnis, Selasa (14/8/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi properti
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top