Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub: Kompetensi Tenaga Pandu Harus Ditingkatkan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kompetensi tenaga pandu harus ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan jumlah kapal dan trafik penumpang akhir-akhir ini.
Menhub Budi Karya saat  tinjau Pelabuhan Ambon/Istimewa
Menhub Budi Karya saat tinjau Pelabuhan Ambon/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kompetensi tenaga pandu harus ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan jumlah kapal dan trafik penumpang akhir-akhir ini.

Apalagi, lanjut dia, Indonesia telah memperoleh mandat untuk melakukan pemanduan di Selat Malaka.

"Kami kan ada tim sertifikasi, bisa saja kami lakukan pengujian-pengujian sehingga mereka bisa dinyatakan baik. Setelah itu, kalau ternyata tidak baik ya kami lakukan pendidikan ulang," katanya seusai melantik 68 perwira pandu, Selasa (3/7/2018).

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo mengatakan, jika kantor otoritas pelabuhan, kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP), atau unit pelaksana teknis (UPT) belum dapat menyediakan jasa pemanduan dan penundaan kapal di perairan pandu yang berada di alur pelayaran dan wilayah perairan pelabuhan, pelaksanaan pemanduan dan penundaan dapat dilimpahkan kepada badan usaha pelabuhan (BUP) yang memenuhi persyaratan setelah memperoleh izin dari menteri perhubungan atau pengelola terminal khusus.

Dia meminta kepada jajaran BUP dan terminal khusus pelabuhan sebagai pelaksana dan pengelola pemanduan, untuk memberikan pelayanan pemanduan dan kepelabuhanan yang optimal dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan menjadi prioritas utama dengan memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Begitu juga kepada para Kepala Kantor OP, Kantor KSOP, atau Kantor UPP sebagai pelaksana fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran untuk selalu mengawasi kegiatan pemanduan sesuai wilayah kerja masing-masing,"ujar Agus.

Dengan pelantikan 68 perwira pandu ini, Agus berharap mereka dapat segera mengaplikasikan dan mengembangkan disiplin ilmu yang telah didapat dan terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sejalan dengan perkembangan di bidang transportasi laut sehingga akan tercipta tenaga-tenaga transportasi yang profesional, andal, dan berdaya saing.

Selanjutnya, para petugas pandu harus menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama yang tidak dapat ditawar lagi.

Sebagai informasi, para petugas pandu memiliki tugas penting dalam pemberian bantuan, saran, dan informasi kepada nakhoda tentang keadaan perairan serta bahaya navigasi setempat agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib, dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper