Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Truk Kelebihan Muatan & Dimensi Ditertibkan Mulai Pekan Depan

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyambut baik terkait penertiban kendaran bermuatan Over Dimension Over Loading (ODOL) yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan mulai pekan depan.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 03 Juli 2018  |  20:38 WIB
Truk Kelebihan Muatan & Dimensi Ditertibkan Mulai Pekan Depan
Pengendara mobil melintas di jalur "contraflow" ke arah Cikampek di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/6). - Antara

Bisnis com, JAKARTA -- Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyambut baik terkait penertiban kendaran bermuatan Over Dimension Over Loading (ODOL) yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan mulai pekan depan.

"Kita ikutin saja sampai sejauh mana nanti kegiatan ini bisa berhasil. Karena ini masalah sudah sejak lama terkait over loading," kata Ketua Umum Aptrindo Gemilang Tarigan kepada Bisnis, Selasa (3/7/2018).

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada pengusaha agar tidak memuat barang tidak sesuai kapasitas. Apabila masih dilakukan, Kemenhub tidak segan-segan akan memberi sanksi berupa penilangan dan penahanan barang.

"Nah sekarang mau ditegakan, kalau kita senang dan setuju. Yang penting pemilik barang harus sadar bahwa muatan sesuai standar. Berarti ada penyesuaian," ungkapnya.

Menurutnya, ketentuan muat barang sebenarnya sudah ada dari setiap truk. Tetapi para pengusaha sering memuat barang melebihi batas ketentuan sehingga menjadi overloading.

"Sehingga pemilik barang harus tahu berapa kapasitas muat truk itu jadi jangan asal dimuat saja," ucapnya.

Gemilang berharap kepada semua truk untuk mentaati peraturan itu dan selalu memperhatikan muatan di dalam truk masing-masing.

"Kita mengimbau keada semua pengusaha truk supaya memperhatikan muatan di dalam truknya masing-masing sehingga tidak mengakibatkan lebih karena akan berisiko terhadap keselamatan dijalanan dan orang lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

truk Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top