ARUS BALIK LEBARAN 2018: Waspadai Kepadatan Kendaraan di 3 Titik Ini

Kementerian Perhubungan menyebut setidaknya ada 3 titik yang perlu diwaspadai terkait kemungkinan adanya kepadatan arus kendaraan pada momen arus balik Lebaran 2018 ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan 3 titik tersebut antara lain di Jembatan Kali Kuto, Gerbang tol Kertasari, dan tol Cipali.
Ilham Budhiman | 19 Juni 2018 12:08 WIB
Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6). Data dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada H-5 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar dari gerbang tol Palimanan mencapai 44.408 mobil. - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyebut setidaknya ada 3 titik yang perlu diwaspadai terkait kemungkinan adanya kepadatan arus kendaraan pada momen arus balik Lebaran 2018 ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan 3 titik tersebut antara lain di Jembatan Kali Kuto, Gerbang tol Kertasari, dan tol Cipali.

Namun, Budi Karya menyebut fokus penganganan akan terarahkan pada Tol Cipali. "Tol Cipali suatu jalur tertentu di mana rest areanya tidak maksimal dan itu berpotensi over kalau dari jalur nasional dan ini akan padat,” kata Menhub Budi dalam keterangan resminya, Selasa (19/6/2018).

Selain itu, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemacetan dengan menerapkan skema contraflow. Namun, apabila skenario tersebut tidak berhasil mengurai kemacetan, maka ada opsi lain.

“Tetapi seumpama contraflow tidak berhasil maka kita alihkan ke jalur nasional, tol (macet) lebih dari 3 kilometer amanahnya atau mandat yang diberikan ke Polri bisa melakukan diskresi bahkan untuk tidak bayar tol,” ungkapnya.

Sebelumnya Menhub memprediksi kepadatan arus balik Lebaran akan terjadi mulai Senin (18/6/2018) sore di mana puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu (20/6/2018).

Dia pun sempat mengimbau para pemudik untuk kembali lebih awal guna menghindari puncak arus balik di dua tanggal tersebut.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top