Menhub Berharap Warga Palembang Gunakan LRT dalam Kesehariannya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap masyarakat kota Palembang menjadikan kereta api ringan atau light rail transit sebagai gaya hidup baru dalam menggunakan transportasi umum.
Yudi Supriyanto | 26 Mei 2018 22:45 WIB
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melewati stasiun OPI Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (22/5/2018) dini hari. - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap masyarakat kota Palembang menjadikan kereta api ringan atau light rail transit sebagai gaya hidup baru dalam menggunakan transportasi umum.

Budi mengungkapkan, kereta api ringan yang dibangun di Kota Palembang merupakan investasi besar dalam angkutan umum massal.

"LRT adalah suatu investasi transportasi yang luar biasa yang juga merupakan angkutan massal. Untuk itu saya harap LRT dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dalam bertransportasi," kata Budi dalam siaran pers pada Sabtu (26/5/2018).

Dia menjelaskan, Kementerian Perhubungan akan terus melalukan sosialisasi terhadap seluruh elemen agar masyarakat dapat memahami manfaat moda transportasi berbasis rel tersebut. .

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan LRT di kota Palembang akan beroperasi dalam waktu dekat, dan siap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

"LRT di kota Palembang ini akan kami siapkan dalam waktu akhir-akhir ini dan mulai beroperasi 3-4 minggu sebelum Asian Games berlangsung. Saat ini sedang dilakukan tes dinamis dan menurut laporan sudah bisa dengan kecepatan 35 km/jam," jelasnya.

Sementara itu, dia menambahkan, konstruksi LRT Palembang sudah selesai semua dan dalam waktu dekat akan datang lagi 6 rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian.

"Konstruksi sudah selesai semua termasuk rel, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Untuk 6 rangkaian kereta lagi akan datang dalam waktu 2-3 minggu ini untuk melengkapi 2 rangkaian kereta yang sudah tiba," katanya.

Tag : palembang, LRT
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top