Proyek Infrastruktur Dorong Kenaikan Harga Hunian

Kebijakan pemerintah di bidang infrastruktur menjadi salah satu hal yang mendorong kenaikan harga hunian.
Finna U. Ulfah | 21 Mei 2018 18:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan pemerintah di bidang infrastruktur menjadi salah satu hal yang mendorong kenaikan harga hunian.

CEO Crown Group Iwan Sunito mengatakan melihat arah kebijakan pembangunan dari pemerintah sebelum memutuskan untuk membangun sebuah proyek hunian atau kawasan adalah hal yang sangat penting bagi pengembang.

“Sebagai contoh adalah dengan melihat apa yang kami lakukan di Parramatta pada 2012, kami melihat arah kebijakan pembangunan pemerintah New South Wales mengarah ke kawasan barat Sydney, itulah sebabnya kami memutuskan untuk membangun kampung vertikal di Parramatta, yaitu V by Crown Group,” ujar Iwan dikutip dari keterangan resminya, Senin (21/5/2018).

Iwan mengatakan dengan adanya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, terjadi peningkatan harga lahan yang sangat signifikan.

Harga jual di kawasan Parramatta pada saat pertama kali diluncurkan, katanya, sebesar Rp5,75 miliar untuk apartemen dengan tipe dua kamar. Kini, harga jual pada tipe yang sama mencapai Rp11,37 miliar atau mengalami peningkatan harga sebanyak 104%.

“Sementara untuk apartemen tipe 1 tempat tidur, harga pada saat diluncurkan adalah Rp4,67 miliar saat ini harganya sudah mencapai Rp7,62 miliar atau mengalami peningkatan harga sebanyak 63% dalam kurun waktu 5 tahun” tutur Iwan.

Selain itu, Iwan menambahkan juga melihat arah kebijakan pemerintah untuk membangun sarana transportasi baru di kawasan pengembangan proyek Eastlake Live yang sedang dikembangkan.

Inner West Light Rail Train di area Kensington, katanya, sudah dalam proses pembangunan sejak Januari 2018 sehingga nantinya masyarakat Eastlakes akan semakin mudah menuju dan terhubung dengan kawasan lainnya termasuk kawasan sentral bisnis.

Iwan mengaku kisaran harga apartemen di kawasan Eastlake mencapai Rp6 miliar hanya untuk apartemen dengan tipe 1 kamar tidur.

“Tidak menutup kemungkinan ketika sistem Light Rail sudah terealisasi, harga tersebut dipastikan akan melonjak,” katanya.

Iwan mengatakan kawasan hunian seperti ini yang paling sering diincar oleh investor yang menghendaki pertumbuhan nilai hunian dari setiap investasi yang dilakukan.

Tag : crown group
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top