Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Self Storage Jadi Solusi Pergudangan Penghuni Apartemen

Konsultan properti, Jones Lang LaSalle atau JLL Indonesia tengah mencermati kemungkinan solusi atas pergudangan di Ibu Kota dengan konsep self storage.
Ilustrasi/mmproperty.com
Ilustrasi/mmproperty.com

Bisnis.com, JAKARTA – Konsultan properti, Jones Lang LaSalle atau JLL Indonesia tengah mencermati kemungkinan solusi atas pergudangan di Ibu Kota dengan konsep self storage.

Head of Advisory JLL Indonesia Vivin Harsanto mengatakan di luar Indonesia, seperti misalnya di Singapura dan beberapa negara maju, saat ini sudah mulai menjamur kehadiran self storage. Ada pun konsep self storage berbeda dengan storage atau gudang yang umumnya berlokasi di area-area industri. Self storage berada di kawasan nonindustri untuk menjawab kebutuhan gudang.

“Di negara maju yang memang apartemen mengecil, ukuran itu [self storage] sudah cukup banyak. Di sini belum ada yang spesifik adanya ruko atau gudang, ini spesifik ke individual,” ujar Vivin di kantor JLL Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Rabu (4/4/2018).

Vivin mengambil contoh, sehabis pindah apartemen dari rumah besar, penghuni umumnya memiliki jumlah barang yang banyak. Penghuni akan kebingungan untuk menempatkan barang-barang tersebut di apartemen.

Maka, self storage bisa menjawab permasalahan tersebut, sehingga, kapasitasnya tidak seperti pergudangan, tetapi juga tidak terlalu kecil.

“Biasanya simpan barang-barang rumah tangga. misalnya, kita punya dokumen lama, atau lukisan, kita koleksi frame, tak mau dipajang ya kita simpan dulu. Nanti kita ganti-ganti. Barang dibuang sayang, itu solusi supaya tidak menuh-menuhin,” jelas Vivin.

Dia memprediksikan, konsep self storage ini sangat cocok di kawasan yang ramai ruko atau kawasan perumahan. Self storage juga cocok di area-area komersial, tetapi bukan yang berlokasi jauh di kawasan industri seperti Cikarang atau Karawang. Hal ini mengingat peruntukan self storage untuk perseorangan bukan perusahaan.

“Nanti yang handle bisa ada developer dan operator. Bisa developer bangun, dia handle sendiri atau developer bangun nanti yang menjalankan si operator,” papar Vivin.

Vivin memprediksi konsep ini kemungkinan akan berkembang dalam waktu 1-2 tahun ke depan. Saat ini calon pengelola masih harus melakukan survei untuk sejumlah lokasi yang tepat dijajaki sebagai kawasan self storage.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper