Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asosiasi Pengembang Gandeng Rantai Pasok Atasi Fluktuasi Harga

Sejumlah asosiasi pengembang meyakini dengan menggandeng sejumlah pengusaha rantai pasok perlu dilakukan untuk menciptakan kestabilan harga bahan bangunan dan mempercepat pembangunan.

Bisnis.com,JAKARTA—Sejumlah asosiasi pengembang meyakini dengan menggandeng sejumlah pengusaha rantai pasok perlu dilakukan untuk menciptakan kestabilan harga bahan bangunan dan mempercepat pembangunan.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Indonesia (PI) Barkah Hidayat menuturkan saat ini perusahaan yang bergabung dalam asosiasinya tidak hanya khusus pengembang namun juga merangkul perusahaan rantai pasok bahan bangunan seperti pabrik semen,keramik, cat, beton ringan, baja ringan, dan lainnya.

Asosiasi, kata dia, telah bekerja sama dengan Bank BTN untuk menerbitkan kartu keanggotaan yang dapat memberikan harga spesial dan sistem pembayaran khusus di antara sesama anggotanya. Dia menuturkan harga spesial ini berupa diskon hingga 3% untuk pembelian material, kemudian untuk pembayarannya bisa dilakukan sebesar 50% di awal dan 50% ketika selesai akad kredit di perbankan.

“Kami tentu harus memiliki diferensiasi dengan merangkul rantai pasok, pasokan perumahan  lebih ditekan harganya dan jumlah unit produksinya bisa dua kali,” katanya kepada Bisnis Senin (26/3).

Saat ini asosiasi ini tercatat memliki keanggotaan 430 perusahaan, 90% merupakan pengembang dan sisasinya perusahaan rantai paosk. Untuk pengembang sedniri, mayoritas 80%-nya merupakan pengembang rumah subsidi.

Tahun ini  PI memiliki target membangun 46.200 unit perumahan yang bisa berkontribusi terhadap program satu juta rumah. Banyak  anggotanya tersebar di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Banten, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Bangka Belitung dan lainnya.

Senada Real Estate Indonesia atau REI juga akan mencoba  menggandeng salah satu pabrik semen itu Semen Conch yang sudah memiliki cabang sampai Manokwari, Papua guna mengendalikan harga.

“Kami kerja sama dengan Semen Conch untuk pembangunan rumah MBR, karena kalau ke berbagai daerah harganya kan tinggi, takutnya malah tak terealisasi. Lagipula ini agar konsisten menjaga target 1 juta rumah MBR,” ungkap Paulus kepada Bisnis, Minggu (25/3/2018).

Paulus menilai saat ini yang terjadi  adalah kebutuhan semen tidak berkurang namun pabrik semen semakin banyak yang membuka cabang di daerah tertentu untuk efisiensi. Dia mengatakan selama ini yang terjadi selama berpuluh-puluh tahun, pada saat tertentu suplai semen kosong dan menyebabkan harga naik. Namun sekarang suplai sangat mencukupi dan harusnya harga lebih stabil dan hal itulah yang diperlukan industri ini.

Dia mengakui, REI belum banyak membahas permasalahan yang menimpa pengembang besar ataupun pengembang dengan segmen menengah ke atas. Salah satunya terkait masalah kenaikan harga besi yang membebani pengembang apartemen di sejumlah lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper