Jasa Marga Segera Sertifikasi Ruas Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera mengurus sertifikasi ruas jalan tol.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 16 Maret 2018 13:29 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat meresmikan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/12). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk segera mengurus sertifikasi ruas jalan tol.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani mengatakan saat ini perusahaan akan melakukan sertifikasi atas semua ruas jalan tol. Tujuannya, agar bisa mengoptimalisasi lahan untuk infrastruktur sekaligus properti.

"Jalan ini kan tanah bukan milik Jasa Marga, ini milik pemerintah dan hanya sebagai pemegang konsesi, dan membangun, mengoperasikan seluruh bangunan jalan milik pemerintah," kata Desi di Kantor Pusat Jasa Marga, Kamis (15/3/2018).

Dia menyebut, sertifikasi jalan tol di Kementerian Agraria Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) tercatat baru 20%. Masih tersisa 80% untuk disertifikasi. Desi mengakui upaya ini juga terjadi menyusul program sertifikasi lahan dari Presiden Joko Widodo.

Desi mengatakan  Jasa Marga memang akan mengembangkan bisnis baru yaitu bisnis properti. Menurutnya, Jasa Marga memiliki kemampuan luas untuk berekspansi dengan membangun daerah baru bersamaan dengan pembangunan infrastruktur.

"Jasa Marga memiliki kemampuan membangun daerah yang akan berkembang ini dimaksimalkan untuk properti. Misalnya proyek yang kami garap saat ini, di Pandaan," terang Desi.

Menurut Desi eksekusi untuk proyek Jasa Marga masih belum terlaksana. Desi beralasan, Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasa Marga Properti akan membidik lahan-lahan yang berada di sekitar ruas tol baru.

"Kalau di tempat yang terbuka, ramai, kita tak ada. Kita justru mencari tempat yang baru buka sehingga harga tanah belum tinggi," paparnya.

Jika bisnis ini berhasil, Jasa Marga Properti bisa memberikan kontribusi dan menambah kompetensi Jasa Marga.

Sebelumnya, PT Jasa Marga Properti, anak usaha PT Jasa Marga mulai menyasar sektor properti baru di luar residensial dan perkantoran, yakni pengembangan kawasan industri baru seluas 170 hektat di Karawang.

Imad Zaky Mubarak, General Manager Pengembangan PT Jasa Marga Properti mengatakan pembebasan lahan tengah berjalan. Masuknya anak BUMN ini ke dalam kawasan industri Karawang.

Tag : jasa marga
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top