Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Angkutan Laut Tumbuh 36%

Di tengah penetrasi angkutan pesawat udara yang kian dalam ke daerah, moda angkutan laut ternyata masih diminati. Data menunjukkan, penumpang angkutan laut tumbuh 36% secara tahunan di awal tahun ini.
Penumpang kapal laut/Antara
Penumpang kapal laut/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah penetrasi angkutan pesawat udara yang kian dalam ke daerah, moda angkutan laut ternyata masih diminati. Data menunjukkan, penumpang angkutan laut tumbuh 36% secara tahunan di awal tahun ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip Bisnis.com, Selasa (6/3/2018), jumlah penumpang angkutan laut mencapai 1,7 juta penumpang per Januari 2018 atau tumbuh 36% secara tahunan. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jumlah tersebut memang turun 1,4%, mengikuti siklus yang terjadi di awal tahun.

Pertumbuhan jumlah penumpang angkutan laut di Januari 2018 secara tahunan melampaui pertumbuhan angkutan udara sebesar 4,6%. Moda angkutan laut melesat berkat pertumbuhan di pelabuhan di luar empat pelabuhan utama.

Data BPS menunjukkan, penumpang angkutan laut di tiga pelabuhan utama, yakni Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Makassar turun di kisaran 5,45% hingga 11,76%. Sementara itu, Pelabuhan Belawan di Medan masih menjadi favorit penumpang dengan pertumbuhan arus penumpang sebesar 13%.

Sementara itu, di luar pelabuhan utama, arus penumpang tumbuh 38,5% menjadi 1,63 juta. Pangsa penumpang di luar pelabuhan utama memang mendominasi dengan kontribusi 96%. Dengan kata lain, konektivitas lewat angkutan laut didominasi oleh arus penumpang di daerah, bukan kota besar dengan pelabuhan utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper