Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadang Penyakit Zoonosis, Pemerintah Susun Pendekatan One Health

Beberapa Kementerian menyusun skema berfungsi sebagai sebuah kerangka kerja untuk perencanaan komunikasi bernama One Health untuk pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Baru (PIB) yang bersifat lintas sektor.
Ilustrasi peternakan sapi/Antara
Ilustrasi peternakan sapi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Beberapa Kementerian menyusun skema berfungsi sebagai sebuah kerangka kerja untuk perencanaan komunikasi bernama ‘One Health’ untuk pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Baru (PIB) yang bersifat lintas sektor.

Kementrian yang terlibat adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kemenko PMK, dan Kementerian LHK.

Direktur Jenderal Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Fadjar Sumping mengatakan pendekatan ‘One Health’ dalam menyusun strategi komunikasi diperlukan pada setiap tingkatan dalam pemerintahan sebagai bagian dari penguatan kapasitas pemerintah dalam mencegah dan mengendalikan penyakit di Indonesia.

“Saya berharap lokakarya ini dapat memformulasikan suatu strategi komunikasi nasional yang bersifat lintas sektoral menggunakan pendekatan ‘One Health’ yang dapat diaplikasikan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten dengan menyuarakan informasi yang sama,” ujarnya.

Kasubid Zoonosis Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Rama Fauzi menambahkan skema anyar ini akan melengkapi dokumen Panduan Koordinasi Lintas Sektor menghadapi kejadian luar biasa (KLB) seperti wabah zoonosis dan penyakit infeksi emerging (PIE).

Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Sri Handani, juga mendukung adanya strategi komunikasi yang tepat dalam upaya mengendalikan penyakit. Namun dia menggarisbawahi pentingnya penyamaan persepsi terkait kondisi KLB maupun wabah itu sendiri.

“Kalau sesuai UU No.4 tahun 1984 tentang wabah, sampai saat ini kita belum pernah berada dalam kondisi tersebut. Karena ketika status wabah sudah ditetapkan, dampaknya sangat luas terkait sosial, politik dan ekonomi,” tuturnya.

Setelah lokakarya berakhir, tim kecil lintas sektoral rencananya akan dibentuk guna membahas lebih jauh dan menyelesaikan penyusunan strategi komunikasi ini. Diharapkan tahun ini juga, dokumen strategi komunikasi nasional dengan pendekatan ‘One Health’ ini sudah bisa digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper