PELUANG USAHA: Berburu Cuan Lewat Modifikasi Kuliner

Kuliner merupakan bisnis yang memiliki perputaran cukup dinamis sehingga varian yang disajikan pun tidak pernah sama dari waktu ke waktu. Peluang bisnis kuliner juga bisa dibilang tidak pernah mati karena manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.
Amanda Kusumawardhani | 13 Februari 2018 08:33 WIB
. - .

Bisnis.com, JAKARTA- Kuliner merupakan bisnis yang memiliki perputaran cukup dinamis sehingga varian yang disajikan pun tidak pernah sama dari waktu ke waktu. Peluang bisnis kuliner juga bisa dibilang tidak pernah mati karena manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Buktinya, selalu saja ada inovasi baru yang ditawarkan oleh pelaku bisnis ini. Modifikasi kuliner tradisional dengan kuliner barat atau peranakan terus dilakukan untuk memuaskan lidah konsumen.

Tak jarang, pelaku bisnis memanfaatkan tren yang berkembang untuk memodifikasi kuliner sehingga mampu menarik minat konsumen. Tentu saja, membuat inovasi kuliner bukanlah hal yang mudah.

Terutama yang patut dipahami, kualitas rasa adalah faktor utama yang harus diperhatikan bagi pelaku bisnis kuliner. Sebelum masuk pada konsep lainnya.

Namanya juga inovasi, bentuk atau sajian kuliner tidak harus merupakan hal yang baru karena pada dasarnya makanan memiliki karakteristik yang sama. Hanya saja, pengemasan yang kreatif mampu menjadikan kuliner yang biasa menjadi tidak biasa.

Beberapa pelaku bisnis kuliner tradisional saat ini terbukti sukses mengemas menu makanan tradisional sesuai dengan selera masa kini. Masih ingat serabi Bandung yang melegenda di Kota Bandung ? Untuk menggaet pasar anak muda, bahkan menu serabi Bandung sudah dipenuhi dengan variasi rasa, mulai dari keju, coklat, susu, durian.

Contoh inovasi kuliner lainnya adalah gudeg, makanan asli Yogyakarta ini adalah kuliner wajib yang harus dibeli ketika wisatawan berkunjung ke kota ini. Sayangnya, gudeg ini tidak bisa bertahan lama, sehingga kesulitan untuk dijadikan oleh-oleh.

Namun, tak perlu khawatir lagi, saat ini wisatawan bisa dengan mudah menemukan sajian gudeg yang dikemas dalam kaleng dan bisa bertahan dalam waktu cukup lama.

Inovasi di atas adalah sebagian kecil dari terobosan pelaku bisnis kuliner yang bisa menjadi acuan para pebisnis kuliner lainnya yang berniat untuk menjangkau pasar secara lebih massal. Kali ini, Bisnis akan menghadirkan beberapa pelaku bisnis yang sudah menjalankan inovasi kuliner untuk menangkap celah pasar yang besar ini.

Tag : peluang usaha
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top