Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Bandara Soekarno Hatta Dapat Segera Beroperasi Kembali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta yang tutup pascalongsornya underpass di Bandara Soekarno-Hatta dapat dibuka dan kereta bandara dapat segera beroperasi.
Kereta api bandara memasuki Stasiun Sudirman Baru, di Jakarta, Selasa (26/12/2017)./Bisnis-Endang Muchtar
Kereta api bandara memasuki Stasiun Sudirman Baru, di Jakarta, Selasa (26/12/2017)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta yang tutup pascalongsornya underpass di Bandara Soekarno-Hatta dapat dibuka dan kereta bandara dapat segera beroperasi.

Hal ini dikemukakan Menhub usai meninjau lokasi longsor pada Rabu pagi.

Dalam hal ini, Budi menegaskan harus ada jaminan dari profesional ahli konstruksi, konsultan dan kontraktor bahwa kejadian yang memilukan seperti ini tidak terulang kembali.

“Saya memang menelitii apa yang terjadi. Dari fakta di lapangan dan kasat mata maka kami lihat bahwasanya jalan kereta api bandara Soekarno-Hatta dapat dioperasikan segera. Kami minta jaminan dari profesional ahli konstruksi, konsultan dan kontraktor sendiri agar hal ini tidak terjadi lagi,” kata Budi, Rabu (7/2/2018).

Sedangkan untuk underpass, Budi mengatakan dilihat dari fisiknya di lapangan, belum dapat dioperasikan.

“Untuk jalan underpass saya lihat fisiknya belum dapat dioperasikan. Saya minta kepada AP II untuk mengerjakan dulu fungsi-fungsi konstruksi yang ada di sini seperti sirkulasi air dan lain sebaginya. Ini harus dilakukan dengan cermat dan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhub mengatakan telah bersepakat dengan Menteri PUPR, bahwa sesuai dengan undang-undang jasa konstruksi maka Komite Keselamatan Konstruksi akan menilai pekerjaan proyek ini.

Untuk itu Menhub menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan masukan dengan baik.

“Kami dari Kemenhub akan memberikan masukan-masukan tentang apa dan bagimana ini direkomendasikan. Pekerjaan ini akan kami kerjakan dengan baik." ujarnya.

Terakhir Budi menyampaikan permohonan maaf kepada korban, serta menyampaikan rasa prihatin. Menhub juga mengapresiasi tim penyelamat yang telah bekerja dengan baik.

"Saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tidak bisa kami selamatkan. Untuk teman-teman di lapangan seperti AP II, Basarnar, dan Polisi yang secara luar biasa telah bekerja saya sampaikan apresiasi. Saya juga prihatin atas kejadian ini semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi kita jangan ada lagi hal-hal seperti ini," ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper