Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Bendungan Raknamo Diresmikan Presiden

Pembangunan Bendungan Raknamo telah selesai pada akhir tahun lalu dan besok, Selasa (9/1/2018) rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 08 Januari 2018  |  20:58 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, NTT. (25/7/2015). - Antara/Kornelis Kaha
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, NTT. (25/7/2015). - Antara/Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Pusat Bendungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ni Made Sumiarsih mengatakan bahwa pembangunan Bendungan Raknamo telah selesai pada akhir tahun lalu.

“Besok [Selasa, 9/1/2017], akan diresmikan Presiden dan sekaligus dilakukan impounding [penggenangan] Bendungan Raknamo," ujarnya kepada Bisnis, Senin (8/1/2017).

Pembangunan bendungan ini dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dengan anggaran senilai Rp760 miliar.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahwa Bendungan Raknamo merupakan satu dari 49 bendungan baru yang dibangun hingga 2019 pada era Presiden Jokowi.

Bendungan ini dibangun sejak Desember 2014 dan selesai ini lebih cepat 13 bulan dari yang direncanakan.

Luas area genangan Bendungan Raknamo adalah 147,3 hektare dan memiliki kapasitas tampungan air mencapai 16 juta meter kubik.

Selain Bendungan Raknamo, terdapat enam bendungan baru lainnya di Provinsi NTT yang sedang dikerjakan dan masih tahap persiapan.

Dari keenam bendungan tersebut dua di antaranya sudah dalam tahap konstruksi yakni Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Sementara, empat bendungan lainnya sedang dalam tahap perencanaan dan persiapan teknis yakni Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Bendungan Kolhua di Kota Kupang, Bendungan Tefmo (Manikin) di Kabupaten Kupang, dan Bendungan Lambo (Mbay) di Kabupaten Nagekeo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bendungan bendungan raknamo
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top