Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Siapkan Sistem Barikade Pilot Narkoba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan sedang menyiapkan sistem yang akan menjadi barikade untuk mencegah terulangnya kasus pilot yang mengonsumsi narkotika.
Ilustrasi pilot dan kru pesawat terbang./Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi pilot dan kru pesawat terbang./Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, SEMARANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan sedang menyiapkan sistem yang akan menjadi barikade untuk mencegah terulangnya kasus pilot yang mengonsumsi narkotika, termasuk sabu.

"Tadi (Sabtu) pagi, saya ketemu Pak Buwas [Budi Waseso, Kepala BNN]. Akan membuat suatu format tertentu agar kalau mau menembak tikus, tidak membakar rumahnya semua," katanya, di Semarang, Sabtu (30/12/2017) malam.

Hal tersebut diungkapkannya usai Dialog dan Pemberian Apresiasi Kepada Pelaku Transportasi Yang Turut Mendukung Angkutan Natal dan Tahun Baru di Museum Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah.

Sebagaimana diwartakan, petugas gabungan dari BNNP Riau, Bea Cukai, kepolisian, dan Ditpam Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, menangkap pilot maskapai Malindo Air yang ditangkap karena membawa sabu.

Penangkapan pilot bernama Ahmad Syahman bin Shaharudin, warga negara Malaysia itu berawal dari kegiatan tes urine yang dilaksanakan petugas gabungan di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Menanggapi kembali ditemukannya pilot maskapai penerbangan yang positif mengonsumsi sabu, Budi mengakui gejala pilot menggunakan sabu bukan terjadi di Indonesia saja, melainkan juga di negara-negara lain.

"Kami akan membuat satu konsep tertentu, memang pernah dilakukan di negara maju. Kami akan belajar dari negara tersebut, aplikasikan, dan lakukan satu kajian, pengamatan, dan penelitian terhadap lifestyle pilot," katanya.

Menhub tidak menginginkan kasus pilot yang mengonsumsi sabu kembali terulang, apalagi jika ternyata nanti banyak ditemukan kasus serupa akan menjadi bumerang karena tidak melakukan langkah preventif.

Oleh karena itu, Budi menegaskan perlunya membuat semacam barikade untuk mengantisipasi terjadinya kasus pilot yang mengonsumsi sabu.

Berkaitan dengan sanksi, dia menyebutkan bagi pilot yang mengonsumsi sabu sudah jelas sanksinya, yakni dimulai dari skorsing hingga larangan terbang yang dilakukan setelah ada pembuktian yang tidak memerlukan waktu lama.

"Saya pikir harus secara langsung melakukan satu `punishment` yang sesuai dengan kesalahannya. Apabila terbukti positif menggunakan itu, tidak ada jalan lain, kecuali dicabut sertifikatnya sebagai penerbang," katanya.

Untuk permasalahan pidana yang menjeratnya sebagai pelaku penyalahgunaan narkoba, kata dia, tetap berjalan sesuai dengan ranahnya.

"Bagi maskapai, kami akan evaluasi bagaimana mereka melakukan pembinaan. Makanya, kami akan membuat satu konsep tertentu sebagai barikade supaya kasus serupa tidak terjadi lagi," pungkas Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper