Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Bandara Beroperasi, Jadwal KRL Commuter Line Duri-Tangerang Dikurangi

Jadwal perjalanan KRL Commuter Line pada lintas Stasiun Duri - Stasiun Tanggerang akan menjadi 73 perjalanan dari 90 perjalanan.
Ilustrasi: Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Jakarta, Minggu (23/7/2017)./Antara-Muhammad Adimaja
Ilustrasi: Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Jakarta, Minggu (23/7/2017)./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA-- Terkait keberadaan Kereta Bandara, perjalanan Kereta Rel Listrik Commuter Line lintas Stasiun Duri - Stasiun Tangerang mengalami pengurangan.

PT Kereta Commuter Indonesia menyatakan pengurangan jadwal perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line pada lintas Stasiun Duri - Stasiun Tangerang akibat beroperasinya Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta belum tentu berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan.

VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa mengatakan, jadwal perjalanan KRL Commuter Line pada lintas Stasiun Duri - Stasiun Tanggerang akan menjadi 73 perjalanan dari 90 perjalanan.

Pengurangan jadwal perjalanan KRLCommuter Line menjadi 73 perjalanan akan terjadi ketika PT Railink mengoperasikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Soekarno - Hatta sebanyak 82 perjalanan setiap hari.

Menurutnya, Railink akan mengoperasikan 82 perjalanan KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada awal Januari 2018.

"Belum tentu [berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan], kita lihat nanti," kata Eva, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Dia menjelaskan, pengurangan jadwal perjalanan belum tentu berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan lantaran beberapa kereta yang mengalami pengurangan jadwal perjalanan tidak memiliki tingkat keterisian penumpang cukup tinggi.

Menurutnya, perubahan jadwal perjalanan tersebut tidak menutup kemungkinan akan lebih efektif mengakomodasi penyebaran jumlah penumpang.

"Bisa jadi perubahan jadwalnya akan lebih efektif mengakomodasi penyebaran jumlah penumpang," kata Eva.

Dia menuturkan, saat ini fokus perusahaan adalah ke pelayanan terlebih dahulu terkait dengan akan berkurangnya jumlah perjalanan KRL pada lintas Stasiun Duri - Stasiun Tangerang.

Perusahaan, lanjutnya akan fokus meningkatkan kapasitas angkut dengan perpanjangan rangkaian pada lintas Stasiun Duri - Stasiun Tangerang.

"Penumpang diakomodasi menggunakan rangkaian yang lebih panjang," katanya.

Dia menambahkan, jadwal keberangkatan KRL Commuter Line pertama dari Stasiun Tangerang menuju Stasiun Duri adalah pukul 04.55 WIB setelah jumlah perjalanan KRL dikurangi.

Sedangkan jadwal KRL Commuter Line pertama dari Stasiun Duri menuju Stasiun Tangerang pukul 05.45 WIB.

Kemudian, jadwal KRL Commuter Line terakhir dari Stasiun Tangerang menuju Stasiun Duri adalah pukul 22.30 WIB. Adapun KRL Commuter Line terakhir dari Stasiun Duri menuju Tangerang pada pukul 23.45 WIB.

Saat ini, PT KCI mengoperasikan 926 perjalanan KRL per hari dengan jumlah penumpang berkisar 950.000 hingga 1 juta orang per hari.

Untuk memaksimalkan kapasitas angkut, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu juga semakin banyak mengoperasikan KRL dengan formasi 10 dan 12 kereta dalam satu rangkaian, termasuk KRL di lintas Stasiun Tangerang - Stasiun Duri.

Pada 6 Desember 2017, KCI telah mengoperasikan dua rangkaian KRL Commuter Line dengan formasi sepuluh kereta di lintas Stasiun Tangerang - Stasiun Duri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper