Demi Keselamatan, Pengemudi Blue Bird Wajib Periksa Mata

PT Blue Bird Tbk. berencana mewajibkan pemeriksaan mata bagi para pengemudi maupun calon pengemudi untuk meningkatkan keselamatan berkendara.
Rivki Maulana | 23 November 2017 15:08 WIB
Taksi Blue Bird - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Blue Bird Tbk. berencana mewajibkan pemeriksaan mata bagi para pengemudi maupun calon pengemudi untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Untuk tahap awal, Blue Bird bekerja sama dengan PT Essilor Indonesia untuk melakukan pemeriksaaan mata kepada 500 pengemudi.

Adrianto Djokosoetono, Direktur Blue Bird mengatakan 500 pengemudi yang melakukan pemeriksaan mata bakal mendapat kaca mata dan lensa cuma-cuman dari Essilor.

Dia menyebut, penglihatan mata merupakan faktor penting dalam keselamatan berkendara. Oleh karena itu, kesadaran terhadap kesehatan mata perlu ditingkatkan, salah satunya lewat kampanye keselamatan berkendara.

"Jadi saat melamar [menjadi pengemudi], selain ada tes kesehatan juga akan ada tes mata. Ini demi meningkatkan keselamatan," ujarnya di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Adrianto menekankan, kesehatan mata tetap perlu diperhatikan meskipun sejauh ini jumlah kecelakaan yang dialami pengemudi akibat pandangan mata minim.

Kecelakaan yang terjadi menurut Adrianto lebih banyak disebabkan faktor kondisi jalan dan rambu.

Country Manager Essilor Indonesia, Peter Pelnis mengatakan kerja sama pemeriksaan mata untuk pengemudi Blue Bird diharapkan bisa meningkatkan kesadaran keselamatan pengemudi di jalan raya.

Di Indonesia, jumlah penduduk yang mengalami kekurangan penglihatan mencapai hampir 100 juta dan sebagian besar diantaranya tidak bisa mengakses alat bantu untuk meningkatkan penglihatannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
blue bird

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top