Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Bakal Buka Rute Shor Sea Shipping Belawan-Malahayati

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) berencana membuka rute pelayaran jarak pendek atau short sea shipping dengan rute Pelabuhan Belawan-Pelabuhan Malahayati. Rute ini diharapkan bisa menarik minat pengusaha kargo yang terbiasa menggunakan jalur darat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) berencana membuka rute pelayaran jarak pendek atau short sea shipping dengan rute Pelabuhan Belawan-Pelabuhan Malahayati. Rute ini diharapkan bisa menarik minat pengusaha kargo yang terbiasa menggunakan jalur darat.

Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I mengatakan rute Medan-Banda Aceh merupakan jalur yang sarat muatan sehingga menjadi potensi yang menjanjikan bagi rute yang akan dirintis tahun depan. Dia menambahkan, dengan angkutan laut, biaya logistik dari Medan ke Banda Aceh bakal lebih rendah.

Menurut Bambang, saat ini memang sudah beroperasi rute kapal dari Jakarta langsung menuju Malahayati dua kali dalam sepekan. Namun, potensi pasar rute darat Medan-Banda Aceh lebih menggiurkan untuk digarap. "Nanti anak usaha kami, Prima Indonesia Logistik akan charter kapal. Untuk tahap awal dua kapal dulu," ujarnya kepada Bisnis.com, dikutip Senin (30/10/2017).

Saat ini, Pelabuhan Malahayati juga telah dikembangkan oleh Pelindo I dengan panjang dermaga hingga 384 meter. Dermaga sepanjang itu menampung tiga kapal ukuran 100 meter dengan muatan 300 TEUS petikemas sekaligus. Pelabuan ini juga dilengkapi peralatan bongkar muat petikemas seperti satu unit HMC (Harbour Mobile Crane), tiga unit forklift, reach staker, dan enam unit truk pengangkut petikemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper