Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program CSR Pertamina EP Peroleh Penghargaan

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), meraih 14 penghargaan dari 16 program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) yang diselenggarakan Corporate Forum for Community Development (CFCD).

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), meraih 14 penghargaan dari 16 program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) yang diselenggarakan Corporate Forum for Community Development (CFCD).

Penghargaan yang diraih Pertamina EP meliputi tiga kategori, yaitu  Platinum, Gold, dan Silver.

Muhammad Baron, Public Relations Manager PT Pertamina EP, mengatakan enam lapangan (field) tercatat memperoleh penghargaan  kategori platinum, yaitu Pengelolaan Sampah Rumah Inspirasi (Field Subang Pertamina EP Asset III), Siekula Anak Nanggroe (Field Rantau Pertamina  EP Asset I), Sekolah Tapal Batas (Field Tarakan Pertamina EP Asset V),  dan Penghijauan di Kawasan CSR Terpadu Wisata Alam Lirik (Field Lirik Pertamina EP Assset I0.

Selain itu, penghargaan platinum diraih untuk Budidaya Lele di Tanah Berongga (Field Rantau Pertamina EP Asset I) dan Budidaya Domba Komunal (Field Jatibarang Pertamina EP Asset III).

Pertamina EP juga memperoleh lima penghargaan gold melalui program energi terbarukan di Field Subang, Desaku Terang di Field Poleng Pertamina EP Asset IV, Program Anayaman Tepas di Field Rantau, Rumah Layak Huni oleh Pertamina EP Asset II, dan Revitalisasi Posyantu oleh  Field Papua Pertamina EP Asset IV.

“Untuk penghargaan kategori silver, kami meraihnya melalui tiga field, yaitu  program pengolahan sampah   dengan sistem 4R (reuse, reduce, recycle, dan remove) dan Olah Makanan Hasil Rumput Laut oleh Field Tarakan Pertamina EP Asset V serta sarana air bersih oleh Field Poleng Pertamina EP Asset IV,” ujar Baron melalui siaran pers, Kamis (22/9).

Menurut Baron, CSR merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan di sekitar wilayah kerja Pertamina EP untuk memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan.

Saat ini, produksi minyak Pertamina EP hingga akhir Agustus 2017 sebesar 77.975 barel per hari (bopd) dan gas 998 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) dibandingkan akhir Agustus 2016 yang tercatat 85.114 bopd minyak dan 989 MMscfd gas karena sulitnya mencari dan mengangkat minyak saat kondisi migas saat ini.

"Kami bersyukur mendapatkan kesempatan untuk membuktikan komitmen kami terhadap pengembangan masyarakat serta lingkungan. Kami akan menganggap penghargaan ini sebagai pemicu kami untuk terus dapat meningkatkan program pemberdayaan masyarakat kedepannya,” katanya.

Risna Resnawaty, Pengamat CSR dan Ketua Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Padjadjaran, mengatakan bahwa pencapaian Pertamina EP dengan 16 penghargaan dalam ISDA merupakan prestasi bagi perseroan. Proper maupun ISDA memiliki indikator  penilaian terkait peningkatan kualitas hidup manusia, baik yang berhubungan dengan lingkungan maupun Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Menurut Risna, untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah program CSR yang bagus bukan hal mudah, penuh tantangan baik internal maupun eksternal. Kebijakan CSR yang dimiliki perusahaan harus mendukung, implementasi program yang partisipatif, dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder perlu dilakukan secara harmoni. Tiga hal ini harus dilakukan secara kontinu sepanjang waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper