Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Kosmetik Rumput Laut Siap Beroperasi di Lombok

Pabrik kosmetik berbahan baku rumput laut siap beroperasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat di bawah pengelolaan CV Ocean Fresh.
Pekerja memanen rumput laut Glacilaria Sp/Antara-Dedhez Anggara
Pekerja memanen rumput laut Glacilaria Sp/Antara-Dedhez Anggara

Bisnis.com, MATARAM -- Pabrik kosmetik berbahan baku rumput laut siap beroperasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat di bawah pengelolaan CV Ocean Fresh.

Ocean Fresh merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai ekstrak bahan alam laut/pesisir yang digunakan sebagai bahan aktif dalam produk kosmetik dan pangan kesehatan.

Linawati Hardjito pendiri Ocean Fresh yang juga merupakan peneliti Institut Pertanian Bogor mengatakan produk kosmetik yang dikembangkan mulai dari perawatan rambut, perawatan wajah, hingga perawatan tubuh.

"Kami ingin masuk di pasar produk alami yang bahan bakunya rumput laut. Saat ini sekarang sudah masuk tahap rekruitmen tenaga kerja dan ingin fokus memberdayakan tenaga kerja dari NTB," ujar Lina di Mataram, Rabu (13/9/2017).

Pembangunan pabrik kosmetik ini juga merupakan tindak lajut dari diskusi dengan pihak pemerintah provinsi NTB yang menginginkan adanya nilai tambah bagi masyarakat, khususnya di daerah pesisir.

Ditargetkan, pada Desember 2017 yang bertepatan dengan ulang tahun NTB, pabrik yang berlokasi di Banyumulek, Lombok Barat ini sudah bisa diresmikan dan siap beroperasi.

Guna meningkatkan nilai tambah dan penyerapan hasil rumput laut, Lina menyatakan pihaknya telah melakukan skema kemitraan dengan para petani rumput laut. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan untuk membersihkan dan mengeringkan rumput laut.

"Kami berikan pelatihan kepada para petani untuk membersihkan dan mengeringkan rumput laut, sehingga sudah kami terima dalam keadaan bersih. Dengan demikian, harga yang kami beli dari petani juga bisa meningkat," ujar Lina.

Lina menegaskan, kehadiran pabrik kosmetik di Lombok ini tidak akan mematikan industri kecil yang ada. Justru, menurutnya ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan industri tersebut dengan membidik pasar yang lebih spesifik.

Rencananya, hasil produksi kosmetik rumput laut ini akan diarahkan untuk penggunaan di hotel-hotel dan juga digunakan sebagai oleh-oleh khas NTB. Saat ini sudah ada hotel dan resort yang menggunakan produk kosmetik rumput laut dengan merk Rebamel khusus NTB.

"Awal-awal akan kami pasarkan untuk kebutuhan hotel kemudian untuk salon and spa. Karena kami melihat potensi di sektor itu cukup besar," ujar Lina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper