Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina EP Dukung Festival Rumah Inspirasi Subang

PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field terus mengembangkan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) unggulannya dengan mendukung Festival Rumah Inspirasi Subang di Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.
Pompa angguk milik Unit Bisnis Pertamina EP Sangasanga Tarakan di sumur minyak Juata, Tarakan, Kalimantan Timur./JIBI
Pompa angguk milik Unit Bisnis Pertamina EP Sangasanga Tarakan di sumur minyak Juata, Tarakan, Kalimantan Timur./JIBI

Bisnis.com, SUBANG--PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field  mendukung Festival Rumah Inspirasi Subang di Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

Kegiatan yang diselenggarakan satu kali dalam satu tahun ini bertujuan untuk menjaga eksistensi kebudayaan daerah khas Subang, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri anggota Rumah Inspirasi Subang. Selain itu, sebagai momentum untuk memberikan penghargaan kepada anggota Rumah Inspirasi Subang.

Program Rumah Inspirasi Subang tersebut memiliki dua kegiatan utama, yaitu Bank Roentah Inspirasi (Broeri) dan Sanggar Inspirasi (Sari). Broeri berfokus pada bidang lingkungan seperti pengelolaan sampah. Adapun Sari berfokus pada bidang pendidikan dan kebudayaan melalui Dangdeur English Club, Ngamumule Kasundaan, Taman Baca Inspirasi, Pojok Inspirasi, Bengkel Kreatif dan Caféin.

Dalam festival tersebut, seluruh kegiatan kesenian yang diajarkan di Rumah Aspirasi tersebut dipentaskan di atas panggung. Selain itu, berbagai perlombaan pun digelar untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Pada festival ini juga dipamerkan kegiatan yang ada di Broeri. Mereka dapat menikmati proses penabungan sampah, pemilahan sampah, pembuatan kerajinan, pembuatan bahan bakar, dan pengolahan biogas serta pupuk.

Selain itu, berbagai produk yang dihasilkan oleh Rumah Inspirasi Subang disuguhkan dalam sebuah stand yang disediakan.

"Dari sampah, ibu-ibu di sini bisa buat berbagai kerjaninan seperti tas, gelang, dompet, topi, dan lain-lain. Sering dipamerkan juga di luar. Harga kerjinan bervariasi mulai dari gelang Rp5.000 dan barang-barang besar bisa sampai Rp100.000," tutur Community Development Officer Pertamina EP Asset 3 Subang Field Denis Setyo Ningrum di sela-sela acara tersebut, Kamis (24/8/2017).

Melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat merasakan dampak positif akan keberadaan Rumah Inspirasi Subang, seperti adanya kesadaran untuk memilah sampah, tidak membuang sampah sembarangan, meningkatkan pendapatan masyarakat, melakukan pengelolaan sampah secara baik dan benar, dan ikut serta aktif dalam pelestarian budaya lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper